Browsing by Author "NATASHA HELENA K"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Corporate Rebranding Gramedia Store(2016-12-06) NATASHA HELENA K; Heru Ryanto Budiana; Susanne DidaNatasha Helena Kairupan, 210110120124, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Corporate Rebranding Gramedia Store”, dengan pembimbing utama Dr. Hj. Susanne Dida, M.M dan sebagai pembimbing pendamping Heru Ryanto Budiana, S.Ag., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana tahapan analisis, perencanaan, dan evaluasi proses corporate rebranding Gramedia Book Store menjadi Gramedia Store untuk meningkatkan stakeholder awareness. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan paradigma positivisme dan jenis studi deksriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka. Penelitian ini dilaksanakan di Gedung Perintis Kompas Gramedia Lt. 4 (PT Gramedia Asri Media), Jalan Kebahagiaan no. 4-14, Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian, tahapan analisis dilakukan dengan menganalisis pasar melalui insights dan foresights, audit merek dengan analisis SWOT, dan mengidentifikasi peluang. Dalam tahapan perencanaan dengan menentukan tujuan kemudian menentukan target audiens, yaitu eksternal dan internal. Perencanaan kepada external customer dilakukan dengan perubahan nama dan identitas perusahaan, melakukan perencanaan publikasi dan pemasaran menggunakan saluran komunikasi baik above the line dan below the line. Perencanaan kepada internal customer dilakukan dengan mengadakan brand induction, training, briefing inspirasi, dan lomba inovasi. Evaluasi dalam proses rebranding Gramedia Store dilakukan dengan focus group discussion dengan customer, media monitoring, dan presentasi ke BOD. Simpulan dari penelitian ini adalah mampu melakukan proses rebranding perusahaan menjadi lebih baik dengan mengubah identitas perusahaan dan nilai- nilai perusahaan yang disesuaikan dengan hasil analisis yang telah dilakukan sebelumnya, kemudian membuat perencanaan rebranding melalui program internal dari internal customer serta melakukan perencanaan komunikasi internal maupun eksternal. Untuk tahapan evaluasi sudah dilakukan dan masih berlangsung dalam upaya meningkatkan stakeholder awareness. Saran pada penelitian ini adalah agar mengoptimalkan SDM dari internal perusahaan dalam tahapan analisis, membuat jadwal rutin untuk sosialisasi dengan karyawan internal, konsisten dalam perubahan yang terjadi dalam perusahaan terutama dari tampilan toko dan cara berbahasa, memperbaik koordinasi antara pusat dengan daerah, serta melakukan evaluasi secara global untuk mengukur awareness terhadap brand.