Browsing by Author "NOVIANTI MAHARANI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item GAMBARAN KEPUASAN MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM PENGGUNAAN E-MODULE KONSEP PERAWATAN LUKA DIABETES MELITUS(2023-07-11) NOVIANTI MAHARANI; Iqbal Pramukti; Ristina MirwantiDunia pendidikan tidak luput dari perkembangan teknologi. E-Module merupakan salah satu contoh pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan yang sudah digunakan selama satu dekade terakhir dalam dunia pendidikan keperawatan. Belum banyak penelitian yang membahas gambaran kepuasan mahasiswa keperawatan dalam penggunaan e-module, khususnya e-module konsep perawatan luka diabetes melitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan mahasiswa keperawatan dalam penggunaan e-module konsep perawatan luka diabetes melitus. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode cross sectional one group posttest. Populasi penelitian merupakan mahasiswa keperawatan angkatan 2021, 2020 dan 2019 kelas Jatinangor dan Pangandaran yang sudah mendapatkan materi perawatan luka. Penelitian ini menggunakan instrumen Satisfaction of E-Module. Teknik sampling yang digunakan adalah stratified random sampling dengan jumlah sampel total sebanyak 162 responden. Data yang terkumpul dianalisa secara univariat dan ditabulasi silang berdasarkan beberapa karakterisitik. Data disajikan dalam bentuk persentase. Setelah dilakukan analisa didapatkan hasil lebih dari setengah responden merasa sangat puas menggunakan e-module konsep perawatan luka diabetes melitus (56,19%). Tidap terdapat perbedaan tingkat kepuasan pada responden berdasarkan karakteristik angkatan, usia, riwayat penggunaan e-module, jenis kelamin, dan wilayah kampus. Terdapat tiga aspek e-module dengan tingkat kepuasan tinggi, yaitu aspek kemudahan akses e-module, kemudahan membaca tulisan/font yang digunakan serta kemudahan memahami gambar/tabel/ilustrasi yang disajikan. Berdasarkan hasil tersebut, diketahui e-module dapat direkomendasikan sebagai media pembelajaran pilihan selama proses pembelajaran keperawatan. E-module dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan dan keinginan peserta didik serta disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.