Browsing by Author "RIDWAN HARYADI SALEH"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PROSES PELAYANAN PASANG BARU JARINGAN LISTRIK MELALUI SISTEM ONLINE PADA PT PLN (PERSERO) DISTRIBUSI JAWA BARAT(2016-07-17) RIDWAN HARYADI SALEH; Saifullah Zakaria; Tidak ada Data DosenABSTRAK Kebutuhan akan listrik saat ini semakin meningkat baik yang ada di daerah perkotaan maupun di daerah pedesaan. Jumlah listrik tetap tidak berubah sedangkan permintaan akan listrik itu sendiri semakin bertambah banyak membuat kebutuhan listrik semakin naik. Mengingat listrik mempunyai kedudukan yang sangat penting bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat maka dibutuhkan pihak yang dapat mengelola ketenagalistrikan. Tujuan dari penulisan laporan ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan pasang baru jaringan listrik melalui sistem online, hambatan dalam proses pelayanan pasang baru jaringan listrik melalui sistem online, serta upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam proses pelayanan pasang baru jaringan listrik melalui sistem online pada PT PLN (Persero). Tujuan ini dijadikan sebagai bahan untuk memperoleh informasi serta menambah wawasan pengetahuan mengenai pelayanan pasang baru jaringan listrik melalui sistem online. Metode yang digunakan penulis adalah deskriptif yaitu metode yang diklasifikasikan dan akhirnya menghasilkan suatu kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah studi kepustakaan, studi lapangan dan wawancara. Proses pelayanan pasang baru jaringan listrik pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Barat sudah cukup baik sesuai dengan teori dimana dalam proses pelayanan pasang baru memberikan pelayanan pemasangan listrik melalui internet dan call center. Pada proses pelayanan pasang baru melalui internet calon pelanggan dapat mendaftar pasang baru online dengan mengakses website resmi PLN. Pada proses pelayanan pasang baru melalui call center calon pelanggan dapat menghubungi call center 123 untuk dapat melakukan pasang baru. Hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan demi kepuasan pelanggan yang ingin melakukan pemasangan listrik baru maupun penambahan daya. Selain itu pelayanan terhadap pelanggan, dapat memberikan kenyamanan dalam pengajuan permohonan pemasangan listrik baru atau penambahan daya agar lebih efektif dan efisien waktu. Rekomendasi dari hasil pengamatan yang dilakukan penulis yaitu memberikan sosialisasi kepada masyarakat, bahwa pemasangan listrik baru dan penambahan daya bisa melalui internet dan telpon. agar calon pelanggan bisa memanfaatkan fasilitas yang telah di sediakan PLN dan akan terhindar dari pungutan liar.