Browsing by Author "SAMIA FADHILAH"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item hubungan antara motif penggunaan website www.persib.co.id dengan kepuasan members Persib terhadap informasi olah raga pada web(2013-04-23) SAMIA FADHILAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Samia Fadhilah, 210110080063, Jurusan Ilmu Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini berjudul “Hubungan Motif Penggunaan Website www.persib.co.id dengan Kepuasan Members Persib terhadap Berita Olah Raga pada Web.Dibawah pembimbing utama Dr. Lukiati Komala Erdinaya M.Si, dan pembimbing pendamping Dra, Kokom Komariah, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keeratan hubungan motif informasi, identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial serta hiburan dengan kepuasan members Persib terhadap informasi olah raga pada web. Populasi penelitian ini adalah seluruh members Persib yang berjumlah 10.086 anggota. Ukuran sampel sebanyak 95 responden yang terpilih secara acak sederhana. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional dengan pengolahan data secara analisis deskriptif dan analisis korelasional dengan menggunakan uji statistic Product Moment. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket, observasi, wawancara, dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang kuat antara motif informasi dengan kepuasan members merupakan hasil yang paling tinggi. Hubungan yang cukup berarti ditunjukkan oleh keterkaitan antara motif identitas pribadi, integrasi dan interaksi sosial serta hiburan jika masing-masing motif tersebut dihubungkan dengan kepuasan members. Dapat disimpulkan bahwan analisis penelitian mampu membuktikan bahwa motif members menggunakan website www.persib.co.id mampu memenuhi kepuasan members terhadap informasiolah raga pada webItem POLA KOMUNIKASI TRADISI MAROSOK DALAM BUDAYA DAGANG MINANGKABAU(2017-07-19) SAMIA FADHILAH; Evie Ariadne Shinta Dewi; Agus RahmatSamia Fadhilah, 2101020140041. Program Magister Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjajaran. Penelitian ini berjudul Pola Komunikasi Tradisi Marosok dalam Budaya Dagang Minangkabau, sebuah studi Etnografi Komunikasi Tentang Marosok sebagai bentuk Komunikasi Bisnis Antara Pembeli Dan Penjual Hewan Ternak Minangkabau Di Balai Cubadak Provinsi Sumatera Barat” dengan pembimbing Dr. Evie Ariadne Shinta Dewi, M.Pd, selaku ketua komisi pembimbing dan Dr.Agus Rahmat M.Pd, selaku anggota komisi pembimbing. Penelitian ini dimaksudkan, untuk mengetahui pola komunikasi tradisi marosok dalam budaya dagang Minangkabau melalui analisis peristiwa-peristiwa komunikasi yang berulang, komponen-komponen komunikasi, serta pola hubungan antara komponen-komponen komunikasi yang ada dalam tradisi marosok. Pendekatan yang dilakukan adalah kualitatif dengan studi etnografi komunikasi. Data yang diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi pada 6 narasumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa peristiwa komunikasi yang terus berulang dalam tradisi marosok adalah peritiwa komunikasi yang terjadi antara penjual dan pembeli, antara pembeli, dan antara penjual. Setiap peristiwa dalam marosok memiliki kompononen situasi, partisipan, tujuan, urutan tindak, kunci, instrumen, norma, genre sesuai dengan yang diwariskan dari generasi kegenerasi, dan masih dilaksanakan, meskipun pada instrumen penggunaan bahasa non verbal dalam tradisi marosok sudah mulai ada yang meninggalkanya, namun kerahasiaan harga masih dipertahankan dengan berbisik. Pola komunikasi tradisi marosok dalam budaya dagang Minangkabau terdiri dari beberapa pola yaitu (1) pola komunikasi antara penjual dan pembeli, (2) pola komunikasi antara sesama penjual (3) pola komunikasi antara sesama pembeli. Komunikasi sesama penjual dan pembeli menambah pengetahuan dan pengalaman (field of experince dan field of reference) yang kemudian dijadikan landasan dalam berinteraksi dan bertransaksi antara penjual dan pembeli.