Browsing by Author "SEFTY RIZKYANI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item IDENTIFIKASI PENYEBAB KEGAGALAN PENGIRIMAN BARANG MENGGUNAKAN METODE FIVE WHY ANALYSIS (STUDI KASUS PT SINAR NIAGA SEJAHTERA DEPO MENGGER)(2023-07-14) SEFTY RIZKYANI; R. Anang Muftiadi; Raden Marsha Aulia HakimPenelitian ini membahas tentang penyebab kegagalan pengiriman barang pada PT Sinar Niaga Sejahtera depo mengger. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akar dari pemasalahan kegagalan pengiriman barang dan menemukan bagaimana solusi dan rekomendasi yang tepat untuk perusahaan setelah mengetahui akar permasalahan terjadinya kegagalan dalam pengiriman barang Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori utama yang dikemukakan oleh annisa Garside kesy (2017) menggunakan sepuluh dimensi tentang saluran distribusi. Metode penelitian yang digunakan adalah Deksriptif dengan pendekatan kualitatif, pencarian data dilakukan dengan wawancara terstruktur dengan metode five why analysis dan observasi. Informan penelitian ini adalah Staf Branch Logistic Coordinator, Salesman, Driver, dan Manager Human Capital. Kemudian hasil penelitian tersebut di analisis menggunakan diagram cartesius teori menurut Suharto (2015) output kajian pada penelitian ini yaitu mengetahui akar dari penyebab kegagalan pengiriman barang dan memetakan dimensi apa saja yang “sangat penting dan “sangat mendesak” untuk segera diperbaiki. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penyebab kegagalan pengiriman yaitu adanya penumpukan order, terjadinya keterlambatan pengiriman,(waktu respon) kecacatan pada produk, perbedaan gramasi pada produk. (variasi produk) ketidak tepatan sortir barang (ketersediaan produk) Tembak order (pengalaman konsumen), keterbatasan koordinasi antar toko (ordervisibility), sulitnya mengembalikan produk yang tidak sesuai (Returnability), tidak adanya akses jalan (transportasi) kondisi barang yang rusak (fasilitas dan perpindahan), tidak adanya alur informasi dari pintu lain selain salesman (informasi) dan berdasarkan pemetaan diagram cartesius dimensi waktu respon dan returnability masuk kedalam prioritas pertama yaitu “sangat penting dan sangat mendesak”. Kontribusi penelitian ini sebagai pembuktian empirik bagi manajemen kedepannya diharapkan dapat lebih meningkatkan dan memaksimalkan mekanisme alur pendistribusian barang.