Browsing by Author "SITI AISYAH NURRIZQI R"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PENGARUH PENERAPAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KEIMIGRASIAN TERHADAP EFEKTIVITAS PELAYANAN PEMBUATAN PASPOR DI KANTOR IMIGRASI KELAS I KHUSUS JAKARTA SELATAN(2012-11-02) SITI AISYAH NURRIZQI R; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAKSkripsi ini merupakan hasil penelitian penulis mengenai “Pengaruh Penerapan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian Terhadap Efektivitas Pelayanan Pembuatan Paspor Di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan†. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan sistem informasi manajemen keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan, bagaimana efektivitas pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan serta untuk mengetahui pengaruh sistem informasi manajemen keimigrasian terhadap efektivitas pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan.Metode penelitian yang dipakai adalah metode eksplanasi dengan teknik pengambilan data melalui studi literatur dan studi lapangan yang berupa observasi, wawancara dan penyebaran angket. Teknik pengambilan sampelmenggunakan teknik total sampel, dengan jumlah responden sebanyak 46 orang. Skala pengukuran menggunakan skala likert. Untuk mencari hubungan antara kedua variabel penulis menggunakan rumus koefis ien korelasi Spearman Rank.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sistem informasi manajemen keimigrasian sudah diterapkan dengan baik ini ditandai dengan variabel Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian berada pada skor yang tinggi, namun dalam pelaksanaan Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian ini masih terdapat beberapa hal yang belum tercapai dengan maksimal yaitu kecepatan dalam memproses data laporan, pengamanan dalam menyimpan data paspor yang telah diolah ke dalam sistem, serta media komunikasi dan informasi untuk sosialisasi kepada masyarakat yang belum berjalan dengan baik. Sedangkan variabel efektivitas pelayanan berada pada kategori yang tinggi, namun ada beberapa hal di dalam rangka mencapai efektivitas pelayanan ini yang belum mencapa i indikator-indikator yang telah ditetapkan di setiap keberhasilan pencapaian efektivitas pelayanan, yaitu ketepatan waktu dalam menyelesaikan paspor. Hal-hal tersebut masih perlu ditingkatkan, agar indikator-indikator yang telah ditetapkan untuk mencapai efektivitas pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan yang baik bisa tercapai.Hasil uji statistik terhadap sistem informasi manajemen keimigrasian memiliki korelasi terhadap efektivitas pelayanan di Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Jakarta Selatan sebesar 0.518 yang menandakan pengaruh yang kuat. Sedangkan koefisien determinasi hasil perhitungan adalah 26,83% yang berarti pengaruhnya cukup berarti.