Browsing by Author "UMARI ABDURRAHIM ABI ANWAR"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Implikasinya pada Loyalitas Pengguna Jasa Transportasi Umum Taksi (Studi Kasus : PT. Tara Megah Muliatama)(2017-10-11) UMARI ABDURRAHIM ABI ANWAR; Yudi Azis; Yevis Marty OesmanPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan citra perusahaan terhadap loyalitas di PT. Tara Megah Muliatama atau lebih dikenal dengan Taksi Gemah Ripah di Kota Bandung. Kualitas pelayanan merupakan variabel independen X1 yang memiliki lima dimensi diantaranya tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty. Citra perusahaan merupakan variabel independen X2 yang memiliki empat dimensi diantaranya personality, reputation, value, corporate identity. Sedangkan loyalitas merupakan variabel dependen Y yang memiliki empat dimensi diantaranya make regular purchase, purchase across product and service line, refers other, demonstrate immunity to the pull of the competition . Metode penelitian yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan analisis verifikatif dengan pendekatan survey. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 400 responden yang tersebar di daerah Kota Bandung dan sekitarnya. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner (angket) dan wawancara pada responden, sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis jalur (path analysis) dengan software SPSS.19.0. Hasil analisis deskriptif (tanggapan responden) menunjukkan bahwa kualitas pelayanan Taksi Gemah Ripah termasuk kategori tidak baik, citra perusahaan Taksi Gemah Ripah termasuk kategori tidak baik dan loyalitas konsumen Taksi Gemah Ripah termasuk kategori tidak baik. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik diperoleh hasil bahwa kualitas pelayanan dan citra perusahaan secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap loyalitas. Sedangkan secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas dan citra perusahaan berpengaruh signifikan terhadap loyalitas.