Browsing by Author "WIDY FATURACHMAN"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item KINERJA PUBLIC RELATIONS PADA KANTOR PUSAT PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO) BANDUNG(2014-12-24) WIDY FATURACHMAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Skripsi ini merupakan penelitian mengenai Kinerja Public Relations Pada Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung. Salah satu fenomena umum yang berlaku di masyarakat adalah bahwa badan publik belum optimal melaksanakan prinsip good governance yang semestinya menjadi tanggung jawab seluruh jajaran pemerintah baik ditingkat pusat maupun daerah. Indikasi ini terlihat dari informasi yang disampaikan oleh masyarakat dalam hal pelayanan yang belum memuaskan dan belum tercapainya sasaran kinerja yang ditetapkan oleh pemerintah itu sendiri. Kinerja pada badan publik merupakan suatu hasil kerja yang harus dicapai oleh badan publik itu sendiri melalui peran serta seluruh pegawai. Kinerja merupakan tolak ukur pelaksanaan tugas dan tanggung jawab setiap pegawai. Hal ini penting karena pada dasarnya kinerja adalah gambaran dari suatu hasil yang dicapai oleh semua orang yang secara bersama-sama sumber daya lain dalam melaksanakan tugas sesuai yang telah ditetapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Kinerja Public Relations Pada Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung yang dilihat dari beberapa indikator yaitu Aspek Finansial, Kepuasan Pelanggan, Operasi Bisnis Internal, Kepuasan Karyawan, Kepuasan Komunitas, dan Waktu. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan angket), dan jumlah responden sebanyak 20 orang. Untuk mengetahui keabsahan data yang diperoleh, penulis menganalisis data yang diperoleh dari angket, dan jawaban responden dari sejumlah angket yang disebarkan kemudian ditabulasikan dan dianalisa dengan mengunakan Skala Likert. Penulis menggunakan teori Sedarmayanti yang terdiri dari enam indikator yaitu Aspek Finansial, Kepuasan Pelanggan, Operasi Bisnis Internal, Kepuasan Karyawan, Kepuasan Komunitas dan shareholders/ stakeholders, dan Waktu. Public Relations yang mempunyai tugas dan fungsi merumuskan dan menyusun program pembentukan citra perusahaan, hubungan masyarakat dan melaksanakan penyuluhan baik internal maupun eksternal perusahaan, serta pengelolaan informasi publik yang mencakup penyediaan dan/atau pelayanan informasi terhadap pengguna informasi publik. Dari hasil penelitian dan pembahasan mengenai Kinerja Public Relations Pada Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Bandung maka penulis dapat menyimpulkan sebagai berikut: Public Relations Pada Kantor Pusat PT. Kereta Api Indonesia (Persero) Indonesia Bandung sudah berkinerja dengan baik, terlihat dari sudah terpenuhinya unsur-unsur aspek finansial, kepuasan pelanggan, operasi bisnis internal, kepuasan karyawan, kepuasan komunitas dan shareholders/stakeholders, dan waktu.