Browsing by Author "YULIANA PUSPITA SARI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis Penetapan Produk dan Pengadaan Beras Private Label Di Ritel Modern (Studi Kasus Hypermart Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat)(2014-04-21) YULIANA PUSPITA SARI; Ronnie Susman Natawidjaja; Tidak ada Data DosenYULIANA PUSPITA SARI, 2014. Analisis Penetapan Produk dan Pengadaan Beras Private Label Di Ritel Modern (Studi Kasus Hypermart Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat). Dibimbing oleh RONNIE S. NATAWIDJAJA. Persaingan dalam bisnis ritel semakin ketat dengan bertambahnya jumlah peritel yang ada di Indonesia. Hal ini memaksa para peritel harus bersaing untuk menarik konsumen dengan melakukan strategi pemangkasan harga. Salah satu strategi pemangkasan harga yang digunakan adalah mengeluarkan produk private label. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi cara penetapan dan kriteria jenis produk private label, membandingkan sistem pengadaan beras private label dan merek nasional serta menggambarkan perkembangan penjualan beras private label. Objek dari penelitian ini adalah private label perusahaan ritel modern. Tempat penelitian dilaksanakan di Hypermart Bandung Indah Plaza, Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini berlangsung dari bulan Februari sampai bulan April 2014 menggunakan metode kualitatif dan teknik studi kasus. Pengumpulan data didapatkan dari data primer dan sekunder dengan teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, studi kepustakaan dan triangulasi. Rancangan analisis data dihubungkan dengan tujuan penelitian untuk mereduksi dan mendeskripsikan data. Hasil dari penelitian ini adalah langkah yang dilakukan Hypermart untuk menjadikan produk private label antara lain analisa pasar, analisa penjualan dan persediaan, analisa potensi produk, analisa ruang toko, dan analisa kompetensi supplier. Kriteria produk yang dapat dijadikan produk private label merupakan komoditi regular, kategori fast moving. Terdapat perbedaan dalam sistem pengadaan beras private label dan merek nasional. Dalam manajemen pengadaan, terdapat perbedaan pada informasi sumber pengadaan, metode pemilihan pemasok, dan harga dalam pemilihan pemasok. Dalam trading terms, terdapat perbedaan pada biaya promosi, listing fee dan biaya distribusi. Dalam mekanisme pengadaan terdapat perbedaan pada jalur distribusinya. Setiap tahunnya penjualan beras private label di Hypermart Bandung Indah Plaza cenderung mengalami kenaikan.