Browsing by Author "YUSUF IMAM SANTOSO"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item MANAJEMEN STRATEGI DAN BISNIS KONTAN DI ERA KONVERGENSI(2018-03-29) YUSUF IMAM SANTOSO; Efi Fadilah; Dadang Rahmat HidayatABSTRAK YUSUF IMAM SANTOSO, 210110130371, 2013. Manajemen Strategi Redaksi dan Bisnis Kontan di Era Konvergensi. Studi Kasus Kritis Robert K. Yin Strategi Manajemen Redaksi dan Manajemen Bisnis Kontan di Era Konvergensi. Pembimbing Utama Dr. Dadang Rahmat, S.Sos., M.T., dan Pembimbing Pendamping Efi Fadilah, S.Sos., M.Pd. Program Studi Jurnalistik, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen strategi redaksi dan bisnis Kontan di era konvergensi media untuk mempertahankan eksistensinya. Penelitian managemen ini ditinjau faktor penyebab Kontan menjalankan manajemen strategi redaksi dan bisnis, pengelolaan manajemen strategi redaksi Kontan, dan pengelolaan manajemen strategi bisnis Kontan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksplanatoris Robert K. Yin. serta menggunakan konsep mediamorfosis (Roger Fidler), POAC (George R. Terry), ekonomi politik (Vincent Mosco), kanvas model bisnis (Alexander Osterwalder). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat empat faktor penyebab Kontan menjalankan manajemen strategi di era konvergensi antara lain, mengikuti tren konvergensi media, perubahan perilaku pembaca, mahalnya ongkos produksi media cetak, dan rencana menjadikan media digital Kontan sebagai tulang punggung. Agar Kontan dapat memertahankan eksistensinya terdapat manajemen strategi berupa sistem kerja neswsroom dengan visi “digital first”, dan manajemen bisnis dengan menerapkan empat pilar bisnis serta mencanangkan Kontan Premium. Simpulan dari penelitian ini adalah Kontan beradaptasi dengan tantangan perkembangan teknologi dalam media massa. Terdapat dua adaptasi yang dilakukan Kontan pertama berupa manajemen strategi redaksi yang memfokuskan Kontan ke media digitalnya. Kedua, manajemen strategi bisnis Kontan yang memilki tujuan menjadikan media digitalnya sebagai tulang punggung bisnis perusahaan. Peneliti menyarankan agar Kontan memerhatikan kesejahteraan reporter, mengingat mereka memiliki tanggung jawab yang lebih berat ketimbang sistem kerja sebelumnya. Kontan perlu menentukan target pasti kapan media digitalnya dapat menjadi tulang punggung perusahaan. Media digital Kontan perlu menambah value proposition-nya khususnya nilai yang ditawarkan kepada generasi milenial. Kata Kunci: Kontan, Konvergensi, Manajemen Bisnis, Manajemen Redaksi, Manajemen Strategi, Studi Kasus ABSTRACT YUSUF IMAM SANTOSO, 210110130371. Media Management of Strategy and Business of Kontan in Convergence Era. The main supervisor is Dr. Dadang Rahmat, S.Sos., S.H., M.Si., and the second supervisor is Efi Fadilah, S.Sos.,M.Pd. Departement of Journalism Studies, Faculty of Communication Sciences, Universitas Padjadjran, Jatinangor. This study aims to find out the editorial strategy and business management of Kontan in the era of media convergence to maintain its existence. This management research is reviewed by causes factors in executing the management of editorial and business strategy. This research uses qualitative method with critical case study approach by Robert K. Yin. It also uses the concept of mediamorphosis, POAC, political economy, business model canvas, and media business model elements. The results of this study indicates that there are four factors causing Kontan to do the strategy in the era of convergence, among others: following the trend of media convergence, changes in reader behavior, high cost of printing media production, and plans to make digital media Kontan as backbone. In order for Kontan to maintain its existence, there is a strategic management system in the form of neswsroom system with “digital first” vision, and business management by applying the four pillars of business and launching Kontan Premium. Conclusion of this research is that Kontan is adapting to the challenges of technological developments in mass media. There are two adaptations that are made first in the form of editorial management strategy that focuses Kontan into digital media. Second, Kontan`s business management strategy’s goal is to make its digital media the backbone of the company`s business. Researcher suggests that Kontan pay more attention to the welfare of reporters, given that they have a greater responsibility than the previous work system. Kontan needs to determine the exact target when its digital media can become the backbone of the company. Digital Media Kontan needs to add value proposition, especially the value offered to the millennial generation. Keywords: Business Management, Case Studies, Convergence, Editorial Management, Management Strategy, Kontan