Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan by Subject "Abon Ikan"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Produk Abon Ikan (Studi Kasus di Rumah Abon Bandung)(2015-11-07) SITI SARAH AFINA SP; Iwang Gumilar; Achmad RizalPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis perilaku konsumen dalam proses pengambilan keputusan membeli abon ikan di Rumah Abon Bandung dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli abon ikan di Rumah Abon Bandung. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung pada bulan April hingga bulan September 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan metode purposive sampling untuk pemilik sentra oleh-oleh dan accidental sampling untuk konsumen. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif. Teknik analisis yang digunakan untuk menganalisis tingkat kesukaan konsumen terhadap abon ikan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan yaitu dengan metode Chi Kuadrat. Untuk menganalisis gradasi preferensi digunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata dari perilaku konsumen adalah lebih dari 2. Yang berarti bahwa penilaian tersebut menunjukkan angka positif karena sudah melebihi nilai tengah. Sedangkan faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli abon ikan di Rumah Abon yaitu jaminan kualitas, popularitas, harga, pengetahuan produk, sistem promosi, aksesibilitas, kenyamanan, sanitasi higienis, keramahan, tampilan produk, rasa dan tekstur, dan kepuasan. Nilai signifikan dari analisis Chi Square menunjukkan bahwa jaminan kualitas, popularitas, harga, pengetahuan produk, sistem promosi, aksesibilitas, kenyamanan, sanitasi higienis, keramahan, tampilan produk, rasa dan tekstur, dan kepuasan memiliki nilai lebih rendah dari 0,05.