D4 - Diploma
Permanent URI for this community
Browse
Browsing D4 - Diploma by Subject "ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PEMERINTAH DESA BOJONG, KECAMATAN NAGREG, KABUPATEN BANDUNG 2021(2023-01-12) KINTAN MUTIA; Rudiana; Ivan DarmawanABSTRAK Penelitian ini berjudul Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pemerintah Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Tahun 2021. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan mengenai kualitas pelayanan administrasi kependudukan yang dimiliki oleh Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Tahun 2021. Penelitian ini akan ditinjau berdasarkan teori kualitas pelayanan publik dengan 5 indikator yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (realibility), ketanggapan (responsiveness), jaminan (assurance), empati (emphaty). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observarsi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumen. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sumpling. Berdasarkan hasil penelitian pelayanan administrasi kependudukan di Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung sudah cukup menerapkan ke-lima indikator tentang kualitas pelayanan publik walaupun masih adanya beberapa indikator yang penerapanya belum optimal dikarenakan adanya beberapa faktor internal dan faktor eksternal seperti sarana dan prasarana yang kurang memadai dan masih banyaknya masyarakat yang belum sepenuhnya paham dengan sistem pelayanan administrasi kependudukan. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Pemerintah Desa Bojong