Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Author "AFINA ZAHRAH DAMAYANI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Strategi Pelayanan Prima Pengiriman Barang Pada PT Pos Indonesia (Persero)(2023-03-31) AFINA ZAHRAH DAMAYANI; Nurillah Jamil Achmawati Novel; Ratih PurbasariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan prima pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang ada dalam penelitian ini adalah Manager Divisi Customer Management PT. Pos Indonesia, Staff Divisi Customer Management PT. Pos Indonesia, dan konsumen. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif, analisis SWOT, analisis IFAS dan analisis EFAS sehingga dapat terbentuk strategi untuk direkomendasikan ke PT. Pos Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pelayanan prima pada PT. Pos Indonesia sudah terlaksana dengan baik. Strategi yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia adalah memiliki sistem untuk menangani keluhan konsumen, memiliki SOP untuk melayani konsumen baik di loket atau di customer service. Dengan adanya strategi tersebut, dapat diketahui bahwa PT. Pos Indonesia dapat bersaing dan mampu bertahan dengan perusahaan lain. Berdasarkan analisis IFAS dan analisis EFAS diketahui bahwa posisi PT. Pos Indonesia berada di kuadran I, yang berarti memiliki kekuatan yang besar sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.