Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Author "Adji Ahmad Darajat"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item ancangan Pengembangan Tampilan Antarmuka Pelanggan Dalam Aplikasi Quick Commerce Astro Berbasis Prototipe Visual(2023-10-11) SEPGIYERI FADILLAH WEKAYESI; Tetty Herawaty; Adji Ahmad Darajatelayanan Astro sebagai sebuah Quick Commerce menjanjikan layanan antar bahan makanann dan sembako dengan hitungan menit. Namun, masih terdapat keluhan melalui penilaian aplikasi serta aduan pelanggan pada Astro Care. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyusun upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan kualitas layanan logistik melalui tingkat kepuasan dan tingkat ekspektasi serta atribut yang dianggap penting oleh pelanggan dalam proses fulfilment sehingga dapat disusun perancangan pengembangan layanan Astro. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dengan bantuan perhitungan Sevqual Score melalui nilai ekspektasi dan persepsi. Sample dalam penelitian ini menggunakan purposive convenience sampling dengan rumus lameshow yaitu 100 responden yang merupakan pelanggan Astro dengan minimal transaksi 2 kali pada aplikasi. Pengumpulan data utama dilakukan dengan penyebaran kuesioner pada pelanggan Astro yang kemudian diolah menggunakan Microsoft Exel. Dari hasil penelitian ini, ditemukan bahwa rata-rata servqual score kelima dimensi kualitas layanan logistik yaitu customer focus quality, order fulfillment quality, corporate image, timeless, dan information quality masih bernilai minus atau belum memuaskan para pengguna. Kurangnya jaminan ganti rugi barang rusak, customer service yang kurang tanggap, driver tidak menemukan alamat secara akurat dan tidak adanya live tracking menjadi atribut dengan prioritas utama dalam harapan layanan para pelanggan namun kinerja aktualnya masih rendah. Prioritas ini tersampaikan dalam Importance Performance Analisys Matrix pada kuadran I. Tingkat kepuasan pelanggan dinyatakan masih belum memuaskan karena nilai rata- rata yang diperoleh dari skor servqual bernilai minus yaitu -0,47. Terdapat 7 atribut yang dianggap penting oleh pelanggan tersampaikan dalam kuadran I pada matrix. Hal yang direkomendasikan oleh penulis untuk dilakukan adalah pengembangan aplikasi melalui rancangan prototipe visual yang di dalamnya mencakup pemberian informasi yang lebih baik seperti adanya live tracking, disediakan nya FAQ saat membuka ruang percakapan dengan Astro Care serta informasi mengenai pesanan yang lebih mendetail.