Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Author "Lina Auliana"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis SWOT penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru bandung(2023-10-02) CENING AYU SUSMAYATI; Lina Auliana; Linda KurniawatiPenerapan E-marketing merupakan sebuah proses pemasaran online yang saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan. Dengan melakukan penerapan E- marketing yang efektif perusahaan akan mampu meningkatkan keuntungan, menguatkan bisnis dan lain sebagainya. PT Erlangga Mahameru Bandung menjadi salah satu perusahaan yang telah menerapkan E-marketing, namun belum terlalu efektif, dikarenakan pihak perusahaan mengalami kendala dalam proses membuat desain maksimal, menginformasikan dan mendeskripsikan produk dengan baik agar tujuan tersampaikan dengan baik kepada pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, untuk mendapatkan dan mengolah data berdasarkan hasil wawancara, observasi,studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian penulis akan melakukan analisis SWOT terhadap penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung. Penelitian ini memiliki hasil bahwa penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung telah berjalan dengan maksimal walaupun belum terlalu efektif. Melalui analisis SWOT, E-marketing dalam PT Erlangga Mahameru Bandung tengah mencoba memaksimalkan beberapa kendala seperti informasi produk,membuat design yang lebih menarik dan koneksi pada saat mengakses Platform online PT Erlangga Mahameru Bandung. Untuk selebihnya penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung telah berjalan dengan baik. Pihak perusahaan juga selalu mengusahakan yang terbaik untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan, oleh karena itu PT Erlangga Mahameru Bandung tidak pernah menyerah dan tetap melakukan penerapan E- marketing yang efektif dan bertahap. Penulis juga memberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh pihak perusahaan agar mampu memaksimalkan penerapan E-marketingItem Penanganan Keluhan Pelanggan Pada Customer Service Jasa Pengiriman PT. Pos Indonesia KCU Bandung(2024-01-11) INTAN RAHAYU; Lina Auliana; Raden Marsha Aulia HakimPenelitian ini dilakukan untuk mengetahui penilaian pelanggan terhadap layanan customer service pada jasa pengiriman Pos Indonesia KCU Bandung. Tujuan lainnya yaitu untuk merumuskan upaya peningkatan kualitas layanan penanganan keluhan pelanggan berdasarkan pada tingkat kepuasan dan ekspektasi pelanggan serta atribut yang dianggap penting oleh pelanggan dalam proses pemenuhan layanan customer service. Pada penelitian ini digunakan metode pendekatan kuantitatif deskriptif dan tools Importance Performance Analysis dalam mengolah hasil data kuesioner. Data untuk penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner kepuasan kepada pelanggan. Sampel dalam penelitian ini dihitung menggunakan rumus iterasi, dan menghasilkan 100 responden yang menggunakan layanan customer service di Kantor Cabang Utama Bandung. Berdasarkan pada hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa penilaian pelanggan terhadap layanan customer service pada jasa pengiriman Pos Indonesia KCU Bandung mendapatkan penilaian positif dengan beberapa atribut yang dinilai sangat baik. Kemudian berdasarkan pada hasil Importance Performance Analysis, terdapat beberapa atribut yang menjadi prioritas utama dalam harapan layanan pelanggan. Atribut tersebut diantaranya, dapat menyelesaikan kasus dalam 1x24 jam, memberikan penyelesaian dan ganti rugi terhadap layanan yang tidak sesuai, serta perihal kepuasan pelanggan setelah menghubungi customer service. Mengacu pada hasil perhitungan rata-rata gap score yang diperoleh dari 11 atribut layanan pada proses penanganan keluhan pelanggan bernilai minus sebesar -0,36 dan dinyatakan masih belum memenuhi harapan pelanggan. Selain itu terdapat beberapa atribut yang dianggap penting dan perlu dilakukan perbaikan sebanyak 3 atribut yang tersaji pada kuadran A dalam matriks. Pada penelitian ini, peneliti merekomendasikan beberapa usulan saran dan perbaikan yang disajikan dalam bentuk rekomendasi SOP dan aliran kerja.