Pariwisata Keberlanjutan (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pariwisata Keberlanjutan (S2) by Author "Cipta Endyana"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Branding Pariwisata Halal Kota Bandung(2022-08-16) APING FIRMAN JULIANSYAH; Cipta Endyana; Tidak ada Data DosenBranding tempat pariwisata, baik branding bangsa (nation branding), branding kota (city branding), maupun branding tujuan wisata (destination branding) merupakan hal yang sudah umum diterapkan dalam dunia pariwisata sebagai bagian dari program pemasarannya. Namun untuk branding destinasi pariwisata halal, baru beberapa negara, provinsi, atau kota tertentu yang menerapkannya. Kota Bandung sebagai kota pariwisata unggulan di Indonesia telah menetapkan segmen wisatawan Muslim sebagai bagian dari sasaran kegiatan pemasarannya. Penelitian ini dilakukan di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana penerapan branding pariwisata halal di Kota Bandung, baik fakta di lapangan, nilai penting (importance), serta konsep idealnya. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh dari wawancara mendalam terhadap Kepala Dinas Budaya Dan Pariwisata Kota Bandung, Kepala Bidang Pariwisata Kota Bandung, ahli/konsultan pemasaran destinasi pariwisata, dan pelaku industri pariwisata halal. Pengumpulan data juga dilakukan dengan teknik observasi lapangan, studi pustaka, dokumentasi dan pengisian angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis data interaktif yang terdiri dari kondensasi data, display data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa branding pariwisata halal Kota Bandung belum diterapkan secara ideal. Meskipun program pemasaran pariwisata halal Kota Bandung sudah ditetapkan dalam jargon pemasaran Bandung Traveller Friendly City, sebagian besar wisatawan Muslim masih memerlukan branding pariwisata halal sebagai salahsatu faktor pengambilan keputusan untuk berkunjung. Penelitian juga menghasilkan beberapa saran mengenai branding pariwisata halal Kota Bandung yang ideal.Item PENGARUH KUALITAS LAYANAN CERITA BANDUNG TERHADAP LOYALITAS MELALUI KEPUASAN WISATAWAN DALAM PRODUK JALANIN AJA(2023-01-16) HARTIFIANY PRAISRA; Cipta Endyana; Cipta EndyanaAgen tour pariwisata melakukan inovasi pada produk wisatanya agar tetap bertahan di tengah pandemi Covid-19. Cerita Bandung sebagai agen tour yang memiliki produk walking tour berinovasi dengan merambah trekking tour yang diberi nama Jalanin Aja. Untuk melihat keberhasilan produk ini, diperlukan analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas melalui kepuasan wisatawan. Dari 500 wisatawan yang ikut produk Jalanin Aja, digunakan 205 sampel untuk mengisi kuesioner. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan cara analisis jalur regresi menggunakan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian ini adalah kualitas pelayanan Cerita Bandung dalam menghadirkan Jalanin Aja berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas wisatawan melalui kepuasan wisatawan sebesar 57,1 persen. Sedangkan 41,9 persen lainnya merupakan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil analisis ini kemudian dibuktikan dengan kondisi di lapangan. Sehingga peneliti bisa mengevaluasi produk wisata Jalanin Aja dan mendapatkan strategi yang tepat agar kualitas jasa Cerita Bandung dapat memberikan loyalitas dan kepuasan bagi wisatawan.