Pariwisata Keberlanjutan (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Pariwisata Keberlanjutan (S2) by Author "Evi Novianti"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Pengembangan Daya Tarik Wisata berbasis Ekowisata di Kawasan Toba Caldera Resort, Kabupaten Toba(2019) SARMOKO SARIDI; Edwin Rizal; Evi NoviantiDampak dari pariwisata masal mengakibatkan degradasi lingkungan, konflik lahan, kesenjangan kebocoran ekonomi, komersialisasi dan pergeseran budaya lokal. Ekowisata menjadi cara untuk menjaga lingkungan, budaya serta kebermanfaatan bagi masyarakat lokal. Ekowisata adalah bagian dari pariwisata berkelanjutan terdiri dari budaya, pemberdayaan masyarakat lokal, dan wisata alam yang bertujuan untuk melestarikan keanekaragam hayati, mempertahankan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi daya tarik wisata, peluang investasi, hambatan, serta peran pentahelix dalam pengembangan daya tarik wisata berbasis ekowisata di Kawasan Toba Caldera Resort, Kabupaten Toba. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari informan, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil pengumpulan data dianalisis menggunakan triangulasi data dengan Analisis model interaksi. Pada tahap analisis data menggunakan persepsi pengelola dan stakeholder. Hasil penelitian menunjukkan banyak potensi daya tarik wisata dan peluang investasi untuk dieksplorasi. Dibutuhkan sinergitas pentahelix antara pemerintah, akademisi, media,pengelola destinasi dan masyarakat untuk mewujudkan Kawasan Toba Caldera Resort sebagai destinasi pariwisata berkelanjutan berbasis ekowisata.Item Strategi Promosi Pariwisata Kabupaten Purwakarta melalui Media Sosial Instagram dengan Studi Kasus Promosi destinasi wisata Kabupaten Purwakarta oleh akun Instagram @urangpurwakarta(2020-12-14) GHEYA MADINATU SJAIDA; Ute Lies Siti Khadijah; Evi NoviantiGheya Madinatu Sjaida, 250720180508, 2020 "Strategi Promosi Pariwisata Kabupaten Purwakarta melalui Media Sosial Instagram dengan Studi Kasus Promosi destinasi wisata Kabupaten Purwakarta oleh akun Instagram". dibimbing oleh Dr, Ute Lies Siti Khadijah, S.Sos.,M.Si, selaku Ketua Komisi Pembimbing dan Dr.Evi Novianti,M.Si, sebagai Anggota Komisi Pembimbing. Program Magister Ilmu Pariwisata Berkelanjutan Universitas Padjadjaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana strategi promosi parowosata di Kabupaten Purwakarta melalui media sosial, pada pelaksanaannya promosi melalui media sosial dilakukan dengan menggandeng akun instragram diluar akun resmi pemerintah, Hal tersebut dilakukan sebagai salah satu cara agar sebaran informasi mengenai promosi pariwisata jauh lebih menyeluruh. Dengan memanfaatkan akun dengan engagement followers yang tinggi. Hasil dari penelitian ini adalah kerjasama yang dilakukan dengan akun @urangpurwakarta sebagai media promosi, @urangpurwakarta memiliki tampilan yang sangat anak muda, energik dan hasil dari sebagaran informasinya dapat dilihat dari tinggi jumlah engagement yang di hasilkan dari setiap postingan akun tersebut.