Ilmu Komunikasi (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Komunikasi (S2) by Author "ADE NUR ISTIANI"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item KONSTRUKSI MAKNA HIJAB FASHION DALAM PENGGUNAAN BLOG BAGI MOSLEM FASHION BLOGGER DI INDONESIA(2015-08-13) ADE NUR ISTIANI; Hadi Suprapto Arifin; Purwanti HadisiwiABSTRAK Ade Nur Istiani. 210120120510 �Konstruksi Makna Hijab Fashion dalam Penggunaan Blog bagi Moslem Fashion Blogger di Indonesia� Pembimbing: Dr.Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext. Ed dan Drs. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si. Penelitian berjudul �Konstruksi Makna Hijab Fashion dalam Penggunaan Blog bagi Moslem Fashion Blogger di Indonesia� dilatarbelakangi dari perkembangan busana muslim di Indonesia yang mengalami peningkatan dalam beberapa tahun terakhir. Fenomena tersebut tidak terlepas dari pengaruh gaya hidup masa kini yang tidak dapat dipisahkan dari teknologi. Blog yang merupakan perkembangan teknologi media baru (new media) dimanfaatkan oleh para Moslem Fashion Blogger untuk mengekspresikan gaya berbusana muslim sebagai suatu trend fashion yang berperan dalam perkembangan fashion moslem di Indonesia. Peneliti ingin mengkaji lebih jauh mengenai pemahaman, motif, dan pengalaman Moslem Fashion Blogger dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai Hijab Fashion di Indonesia. Teori yang digunakan untuk membentuk kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah teori fenomenologi Alfred Schutz, teori konstruksi sosial atas realitas Peter L. Berger, dan teori interaksi simbolik George Herbert Mead. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif melalui pendekatan tradisi fenomenologi yang memusatkan perhatian pada pengalaman hidup dan mencari makna mengenai realitas penelitian berdasarkan sudut pandang subjek penelitian. Peneliti menetapkan enam informan sebagai sumber informasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemaknaan Moslem Fashion Blogger mengenai hijab fashion adalah bahwa perkembangan tren hijab fashion di Indonesia merupakan perkembangan yang positif namun terjadi suatu pergeseran makna. Motif dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai hijab fashion terbagi atas motif atraksi, motif inspirasi, dan motif eksistensi. Pengalaman dalam menggunakan blog sebagai media komunikasi mengenai hijab fashion membuat Moslem Fashion Blogger merasa mendapat wawasan, aktualisasi diri, dan pandangan skeptis. Kata kunci: hijab fashion, moslem fashion blogger, fenomenologi, konstruksi sosial atas realitas, interaksi simbolik. ABSTRACT Ade Nur Istiani. 210120120510 �Meaning Construction of Hijab Fashion in using Blogs by the Moslem Fashion Blogger in Indonesia (The Phenomenology Study of Meaning Construction of Hijab Fashion in using Blog by the Moslem Fashion Blogger in Indonesia)� Supervisor: Dr.Hj. Purwanti Hadisiwi, M.Ext. Ed and Drs. H. Hadi Suprapto Arifin, M.Si. The study entitled Meaning Construction of Hijab Fashion in using Blogs by the Moslem Fashion Blogger in Indonesia (The Phenomenology Study of Meaning Construction in using blogs of Hijab Fashion by the Moslem Fashion Blogger in Indonesia) is backdroped by the developments of Indonesia Moslem Fashion which has increased in recent years. This phenomenology can�t be separated from the influence of today�s lifestyle which can�t be separated from technology. Blogs which is the development of new media tecnologies (new media) is used by Moslem Fashion Blogger to express the style of Moslem outfit as a trend fashion that plays a role in the development od fashion moslem in Indonesia. This research describes about more understanding, motive, and experience the Moslem Fashion Blogger in using blogs as a medium of communication regarding fo hijab fashion in Indonesia. The theory that used to form the framework of this research are the phenomenology theory of Alfred Schutz, Social Construction of reality theory from Peter L. Berger, and Symbolic Interactiontheory of George Herbert Mead.This study is qualitative methods through an approuch of phenomenology tradition which focus in life experience and find a meaning of research reality based on study�s subject�s point of view. Researcher set six informants as sources of information. The result show that Moslem Fashion Blogger knowledge about hijab fashion is that the development of hijab fashion trends in Indonesia is a positive development, but there a shift in meaning. The motive in using blogs as a medium of communication regarding hijab fashion consist of attraction motives, inspiring motives, and the motive of existance. Experience in using blogs as a medium of communication regarding hijab fashion makes Moslem Fashion Blogger feel gained insight, self-actualization, and skeptical perspective. Key words: hijab fashion, moslem fashion blogger, sosial construction of reality , phenomenology, symbolic interactionism.