Ilmu Komunikasi (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Komunikasi (S2) by Author "AHMAD ABADI SAIFUL HILAL"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Iklim Komunikasi Organisasi BAZNAS Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai BAZNAS (Studi Kasus pada Kantor BAZNAS Republik Indonesia)(2024-01-16) AHMAD ABADI SAIFUL HILAL; Asep Suryana; Uud WahyudinBAZNAS berhasil mengumpulkan dana zakat terbanyak pada periode tahun 2019-2021 dibandingkan dengan lembaga amil zakat lain, capaian tersebut merupakan pertama kalinya sejak BAZNAS didirikan pada tahun 2001. BAZNAS turut memperoleh penghargaan Top Brand Award dalam dua tahun terakhir yakni pada tahun 2022 dan tahun 2023 berkaitan dengan zakat. Top Brand Award merupakan penghargaan yang diberikan pada brand yang menjadi Top of Mind, Last Used, dan Future Intention berdasarkan keterangan dan jawaban dari masyarakat Indonesia. Kinerja baik dari para anggota BAZNAS turut tersorot dengan keberhasilan BAZNAS dalam berkontribusi pada pertumbuhan zakat secara nasional sebesar 24%, dimana BAZNAS secara organisasional mengalami pertumbuhan zakat sebesar 30%. Kepercayaan dari masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan BAZNAS yang merupakan hasil dari rasa kepercayaan dan kejujuran yang ditunjukkan oleh anggota BAZNAS baik secara internal maupun eksternal. Dalam organisasi BAZNAS, mengadopsi nilai dan prinsip Bushido yang berfokus pada pengabdian kepada Allah SWT yang ditanamkan dan termasuk dalam iklim komunikasi organisasi BAZNAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi/ perubahan yang dilakukan BAZNAS hingga mengumpulkan dana zakat terbanyak pada periode tahun 2019-2021, mengetahui dinamika iklim komunikasi organisasi di BAZNAS, mengetahui kinerja dari anggota BAZNAS, dan mengetahui bagaimana BAZNAS membentuk iklim komunikasi organisasi yang mampu meningkatkan kinerja anggotanya. Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode pendekatan kualitatif studi kasus yang dilaksanakan pada kantor BAZNAS Republik Indonesia dengan berlandaskan pada Teori Human Relations. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan studi pustaka atas riset/ penelitian terdahulu dan melalui media online. Data yang berhasil dikumpulkan kemudian dianalisis dengan Model Analisis Interaktif yang disampaikan oleh Miles Huberman. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa BAZNAS melakukan banyak perubahan dan strategi seperti perubahan dimensi sistem, dimensi kemanusiaan, teknik fundraising dan marketing, dan perubahan secara struktural. Dinamika iklim komunikasi organisasi yang dilaksanakan di BAZNAS RI termasuk pada golongan iklim komunikasi organisasi tinggi/ baik, mengingat terpenuhinya enam aspek iklim komunikasi organisasi yang disampaikan oleh Pace & Faules. Adapun kinerja anggota BAZNAS RI berdasarkan panduan evaluasi yang disampaikan Bernardin & Russel ditemukan bahwa kinerja anggota BAZNAS RI yakni bagus/ baik. Dalam pembentukan iklim komunikasi organisasinya yang mampu meningkatkan kinerja anggotanya, BAZNAS RI secara rutin melaksanakan kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggotanya, serta menanamkan prinsip Bushido diadopsi dari Samurai Jepang.