Universitas Padjadjaran
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Universitas Padjadjaran by Author "A G ILHAM SIDHARTA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Hubungan Persepsi Kegunaan Informasi Traceability Dengan Keputusan Pembelian Kopi Golongan Asal (Kasus di Philocoffee, Pondok Labu, Jakarta Selatan)(2016-06-27) A G ILHAM SIDHARTA; Agriani Hermita Sadeli; Tidak ada Data DosenPhilocoffee merupakan toko alat pembuat kopi, kedai kopi, dan penyangrai kopi (coffee roastery) yang dikenal sebagai pelopor penerapan traceability atau keterbukaan informasi asal usul Kopi Golongan Asal di Indonesia serta pelopor manual brewing sejak didirikan tahun 2011. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi konsumen mengenai kegunaan informasi traceability dengan keputusan pembelian kopi golongan asal di Philocoffee. Penelitian ini dilakukan di Philocoffee yang terletak di Pondok Labu, Jakarta Selatan. Konsep traceability secara umum mengacu pada konsep yang dikemukakan oleh Elise Golan. Konsep kegunaan informasi traceability mengacu pada Mora yang meliputi kegunaan sebagai informasi asal usul, pendeteksian resiko, keaslian, garansi kualitas, kontrol, dan kesehatan. Teori keputusan pembelian menurut Schiffman dan Kanuk terdiri dari empat pertimbangan yaitu pertimbangan rasional, pertimbangan emosional, pertimbangan ekonomis, dan pertimbangan pasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan alat analisis korelasi Rank Spearman. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah melalui penyebaran kuesioner, wawancara dengan narasumber, observasi, serta studi literatur. Sampel ditentukan melalui teknik Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 150. Berdasarkan konsep traceability menurut Golan, ditekankan bahwa penerapan traceability tidak mungkin terlaksana sepenuhnya atau sempurna, tetapi terdapat pendekatan yang menghasilkan penerapan traceability yang baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan traceability di Philocoffee terlaksana dengan baik jika dilihat berdasarkan pendekatan atribut traceability yaitu atribut kelebaran, atribut kedalaman, dan atribut ketepatan. Hasil analisis korelasi menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif, kuat, dan signifikan antara persepsi kegunaan informasi traceability dengan keputusan pembelian kopi golongan asal di Philocoffee.