Universitas Padjadjaran
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Universitas Padjadjaran by Author "A. MURTALA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item TRANSFORMASI BIROKRASI DALAM PELAYANAN PERIZINAN PADA KANTOR PELAYANAN PERIZINAN TERPADU KABUPATEN ACEH UTARA(2016-09-23) A. MURTALA; Nasrullah Nazsir; Prio TeguhSecara umum, pelayanan yang diberikan oleh pemerintah daerah kepada masyarakatnya masih jauh dari yang diharapkan walaupun reformasi telah berlangsung lama. Untuk memberikan pelayanan publik yang prima maka perubahan dan pembaruan dalam birokrasi pemerintahan daerah tidak terhindarkan lagi. Pemerintah Kabupaten Aceh Utara telah melakukan terobosan dengan membentuk Kantor Pelayanan Perizinan Terpadu sejak tahun 2010. Walau demikian, terobosan tersebut belum menghasilkan perubahan yang dramatis pada aparat birokrasi dalam melakukan pekerjaannya. Hal ini dapat dilihat dari masih lamanya waktu yang diperlukan, biaya yang masih relatif tinggi, belum adanya standar pelayanan minimal serta standar prosedur proses perizinan. Ini menunjukkan bahwa proses transformasi pelayanan perizinan masih belum berjalan seperti yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah desain deskriptif eksploratif dengan mempergunakan pendekatan kualitatif. Dengan desain tersebut peneliti semakin dapat mendalami permasalahan yang diangkat karena senantiasa terlibat secara langsung (participant observation) dalam penelitian tersebut sekaligus menghindari terjadinya spekulasi dan rekayasa data atas masalah penelitian sehingga data yang diperoleh benar-benar valid dan dapat dipercaya. Informan yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 14 (empat belas) orang yang berkompeten dalam memberikan informasi tentang proses transformasi. Transformasi birokrasi pelayanan perizinan di Kabupaten Aceh Utara telah berjalan dengan terbentuknya kantor pelayanan perizinan terpadu (KP2T). Proses transformasi birokrasi ini masih mengalami kendala yang disebabkan oleh kurangnya keterlibatan lansung pimpinan puncak serta kredibilitas tim pemimpin pembaruan/tim pemandu proses transformasi birokrasi, masih belum adanya visi dan misi yang seharusnya memandu organisasi dalam melaksanakan tugas yang diembannya, masih kuatnya perilaku dan budaya paternalistik dan ewuh pakewuh diantara para pimpinan perubahan, serta belum dikembangkannya solusi teknologi informasi yang terintegrasi untuk mengakselerasi terjadinya perubahan yang trasnformasional didalam kantor tersebut. Proses transformasi birokrasi dalam pelayanan perizinan dapat berjalan optimal ditentukan oleh (1) faktor eksternal organisasi; (2) peran aktif pimpinan organisasi; (3) kejelasan visi, misi dan strategi organisasi (4) budaya organisasi dan (5) penggunaan solusi teknologi informasi yang tepat.