S1 - Sarjana
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S1 - Sarjana by Author "AFRIYAH"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item PERKEMBANGAN INSTRUMEN KUESIONER PENGETAHUAN DAN SIKAP PEMBERIAN MAKAN UNTUK BAYI DAN ANAK (PMBA): Panel expert dengan metode Focus Group Discussion(2023-07-14) AFRIYAH; Tisnasari Hafsah; Insi Farisa Desy AryaLatar Belakang: Menurut WHO, PMBA dibagi atas empat hal penting yaitu, Inisiasi Menyusu Dini (IMD), Pemberian Air Susu Ibu (AS) Eksklusif, pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI), dan meneruskan ASI hingga usia 2 tahun. Di indonesia, praktik PMBA yang tidak tepat masih banyak terjadi hingga saat ini. Secara nasionel, hanya 45% praktik PMBA pad bayi usia 6 hingga 23 bulan yang sesuai dengan standar rekomendasi WHO. Sementara itu, berdasarkan penelitian Helen Keller Internasional di Kota Bandung pada tahun 2017-2019, kurang dari 50% bayi yang berusia 6 hingga 23 bulan mendapatkan asupan yang sesuai dengan rekomendasi WHO. Maka dari itu, peneliti bermaksud untuk menyusun kuesioner yang dapat digunakan untuk mengukur sejauh mana Pengetahuan dan sikap terhadap PMBA bagi ibu/pengasuh, kader maupun tenaga kesehatan agar pendampingan serta serta praktik PMBA juga dapat dilakukan dengan tepat. Ibu memiliki peranan sangat penting dalam proses pemenuhan gizi yang optimal bagi anaknya, sehingga pengetahuan ibu terkait PMBA perlu ditingkatkan. Kondisi gangguan pemenuhan gizi pada anak dapat terjadi akibat kurangnya pengetahuan, sikap, motivasi dan keterampilan ibu/pengasuh dalam mempersiapkan makanan dan minuman yang bergizi dan sesuai dengan kebutuhan anak. Salah satu faktor yang berpengaruh dalam pemberian makan yang benar yaitu pengetahuan ibu/pengasuh terkait dengan informasi tentang manfaat ASI, MPASI, dan lainnya. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian metode Kualitatif yang bertujuan untuk menyusun kuesioner – kuesioner Pengetahuan dan sikap terhadap PMBA. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan FGD dan partisipannya sejumlah 5-10. Hasil Penelitian : Berdasarkan dari Focus Group Discussion (FGD) yang dilakukan pada penelitian ini diperoleh konten kuesioner pengetahuan mengenai PMBA berupa 35 pertanyaan dan kuesioner Sikap mengenai PMBA berupa 15 pertanyaan. Pada saat FGD bersama para dietisien digunakan alat Validity Rubric yang mana hasil dari penyusunan kuesioner ini pada tingkat kepentingan dan kejelasan item pengukurannya itu ada di skala interval 2 dan 3 masudnya adalah dapar diterima dan sangat jelas. Kesimpulan : Pada penelitian hasil penelitian yang dibahas dari hasil FGD ada 3 tema yang dibahas dalam pembuatan konten kuesioner Pengetahuan dan Sikap Pemberian makan untuk bayi dan anak (PMBA) yaitu ada Inisiasi menyusu dini (IMD), ASI eksklusif, dan Makanan pendamping ASI (MP-ASI).