Browsing by Author "ACHMAD FERBIANSAH"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Toserba Griya Ciawi(2013-10-10) ACHMAD FERBIANSAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Doseniv ABSTRAK PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA TOSERBA GRIYA CIAWI TASIKMALAYA Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan store atmosphere (exterior, general interior, store layout, point of purchase display) pada toserba Griya Ciawi Tasikmalaya dan untuk mengkaji pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian konsumen pada toserba Griya Ciawi Tasikmalaya. Secara umum definisi store atmosphere merupakan kegiatan merancang lingkungan pembelian dalam suatu toko dengan menentukan karakteristik fisik dari toko tersebut melalui pengaturan dan pemilihan dan aktivitas barang dagangan, lingkungan pembelian yang terbentuk pada akhirnya akan menciptakan kesan dari toko, menimbulkan kesan yang menarik dan menyenagkan bagi konsumen akan mempengaruhi emosi konsumen saat melakukan pembelian. Elemen-elemen store atmosphere yaitu exterior (papan nama, bangunan luar, dst), general interior (kebersihan toko, penerangan, keramahan pegawa toko, dst), store layout (pengaturan jarak, pengelompokan barang, dst), point of purchase display (poster/gambar yang tergantung, display pada hari-hari khusus, dst) melalui penciptaan store atmosphere yang baik maka diharapkan konsumen akan tertarik dan terdorong untuk melakukan pembelian pada toserba Griya Ciawi Tasikmalaya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey explanatory. Survey dilakukan dengan mengambil sampel dari populasi dan menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data yang pokok. Penelitian explanatory adalah penelitian yang menjelaskan hubungan antara dua variabel melalui pengujian hipotesis. Hasil penelitian menggunakan koefesien koreksi Spearman yang dilakukan untuk menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang cukup berarti antara store atmosphere dengan keputusan pembelian konsumen. Melalui uji hipotesis diketahui bahwa Ho ditolak dan Hi diterima maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara store atmosphere dengan keputusan pembelian pada toserba Griya Ciawi Tasikmalaya. Saran yang diharapkan agar pihak manajemen melakukan beberapa perbaikan dalam beberapa aspek store atmosphere diantaranya yaitu pengaturan jarak antar rak di toserba Griya lebih diperluas, dengan tujuan untuk dapat menarik konsumen berbelanja di toserba Griya Ciawi Tasikmalaya. Kata kunci : store atmosphere, keputusan pembelian. iv ABSTRACK INFLUENCE of STORE ATMOSPHERE TOWARD CUSTOMER BUYING DECISION at GRIYA DEPARTMENT STORE CIAWI TASIKMALAYA The purpose of this research is to find out the implementation of store atmosphere (exterior, general interior, store layout, point of purchase display) at Griya Ciawi Tasikmalaya department store and to determined the influence of store atmosphere toward consumers buying decision at Griya Ciawi Tasikmalaya department store. Generally, the definition of store atmosphere ia an activity to create buying environment inside a store by determining store physical characteristics by the arrangement and selecting and activity of nerchandise, the buying environment that has been created will eventually create the mage of a store, giving the consumers and pleasant image and also affecting consumers emotion when shopping. The element of store atmosphere are exterior (billboard, store front,etc), general interior (store cleanliness, lighting, hospitality of store personnel, etc), store layout (space arrangement, categorized merchandise, etc), point of purchase display (hanging posters/pictures, theme setting display, etc). By designing a good store atmosphere then hopefully the onsumer will tend to be interested and attracted to shop at Griya Ciawi Tasikmalaya. The research method uses explanatory survey. Survey is done by taking samples from population and using questionnaire as the main tool for collecting data. Explanatory research is a research to explain the cause relationship between two variables through hypothesist test. The result done by using the spearman correlation coefficient indicates that there is significant influence between store atmosphere with consumers buying decision. Through hypothesis test its discovered that Ho denied and Hi accepted so that it can be stated that there is influence between store atmosphere with consumers buying process at Griya Ciawi Tasikmalaya department store. Advice to the managementof Griya Ciawi are to fix some of the store atmosphere aspects, such as the width of aisles in the store should be arranged to be wider o that it can draw consumers to shop at Griya Ciawi Tasikmalaya department store. Keywords : store atmosphere, buying decision.