Browsing by Author "ANGGA PRASETYO"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item EVALUASI PROGRAM PELAYANAN KEUANGAN MIKRO LEMBAGA BINA SWADAYA DI KECAMATAN KIARACONDONG BANDUNG(2012-09-13) ANGGA PRASETYO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan pencapaian tujuan dari program pelayanan keuangan mikro yang dilaksanakan pada tahun 2011, oleh lembaga Bina Swadaya di kecamatan Kiaracondong Bandung. Pelaksanaan program terdiri dari pemilihan area, sosialisasi, pembentukan kelompok, menabung, pemberian pinjaman pengembalian pinjaman. Tujuan program ini antara lain; (1) melayani kebutuhan keuangan masyarakat, (2) meningkatkan tabungan masyarakat, (3) menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, (4) membuat orang memiliki aset, (5) membebaskan jeratan rentenir, (6) memobilisasi sumberdaya setempat, (7) meningkatkan daya beli masyarakat, (8) memandirikan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dan teknik studi evaluasi. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi jenis sumatif. Aspek yang digunakan dalam mengevaluasi antara lain; availability, accessibility, responsiveness, relevance, productivity, perfomance, dan service effectiveness. Informan dipilih dengan cara purposive. Informan terdiri dari dua kelompok yaitu pelaksana program, sebanyak dua orang staf dan informan yang berasal dari peserta program, sebanyak enam orang. Hasil penelitian menunjukkan aspek availability belum terpenuhi dalam tahapan pemilihan area dan sosialisasi, aspek accessibility belum terpenuhi dalam tahapan pembentukan kelompok, aspek responsiveness belum terpenuhi dalam tahapan pengembalian pinjaman, aspek relevance telah tercapai dalam seluruh tahapan, aspek productivity belum terpenuhi dalam tahapan pemberian pinjaman, aspek perfomance belum terpenuhi dalam tahapan menabung, pemberian pinjaman dan pengembalian pinjaman. Sementara itu, aspek service effectiveness belum tercapai dalam tujuan program yang ingin membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat. Peneliti memberikan saran berupa penyelenggaraan kegiatan workshop dengan tema “Staf Cemerlang, Masyarakat Gemilang†. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan staf untuk membantu peserta program dalam memecahkan masalahnya, mengembangkan usahanya dan menarik minat peserta program untuk menghadiri pertemuan kelompok.Item PROSES ROTASI PEGAWAI PADA JABATAN(2014-08-20) ANGGA PRASETYO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan tugas akhir ini berjudul Proses Rotasi Pegawai Pada Jabatan “customer service” di Bank BJB Kantor Cabang Pembantu Klari-Karawang. Rotasi pegawai atau biasa dikenal dengan istilah mutasi pegawai yang dilakukan secara berkala oleh perusahaan selain itu mutasi tersebut bertujuan untuk menghindari tingkat kejenuhan dan bosan pegawai terhadap suasana dan tempat kerja yang sama. Laporan tugas akhir ini disusun berdasarkan hasil dari Praktek Kerja Lapangan pada bulan Januari hingga Februari 2014. Tujuan utama dari penulisan laporan Tugas Akhir ini untuk mengetahui pelaksanaan proses rotasi pegawai pada jabatan customer service di bank BJB kantor cabang pembantu Klari-Karawang. Dalam penulisan Laporan Praktek Kerja ini, penulis menggunakan metode Deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan dua cara yaitu studi Kepustakaan dan Studi lapangan. Dari hasil pembahasan diperoleh penjelasan mengenai proses rotasi pegawai pada jabatan customer service di bank BJB kantor cabang pembantu Klari-Karawang. Proses rotasi/mutasi pegawai pada jabatan customer service terlebih dahulu dilakukan penilaian kerja oleh Supervisor Cabang yang dilanjutkan kepada Manajer Operasional yang kemudian dilaksanakan tahapan penilaian kembali terhadap customer service yang akan di mutasi dan jika hasilnya baik maka dilanjutkan kepada pemimpin kantor cabang pembantu yang kemudian melakuakan sharing momen dengan Manajer Operasianal dan Pemimpin Cabang dan setelah adanya keputusan rotasi/mutasi pada customer service bersangkutan Pemimpin Cabang mengeluarkan Surat Keputusan yang terlebih dahulu dibuat di bagian Sekretaris Umum, dan Surat Keputusan diberikan kepada customer service yang dimutasi setelah seminggu setelah hasil keputusan mutasi yang diberikan pada saat penggajian rutin kantor cabang dan Surat Keputusan tersebut diberikan langsung dari pemimpin cabang kepada pegawai yang dimutasi. Proses rotasi pegawai pada jabatan customer service di bank BJB kantor cabang pembantu Klari-Karawang, diharapkan bisa berjalan baik dimasa yang akan datang, agar bisa lebih meningkatkan lagi produktivitas kerja dari pegawai bank BJB khususnya pada jabatan customer service dalam hal peningkatan mutu pelayanan kepada nasabah.