Browsing by Author "DHAIFINA TAQIYYA FAHRISA"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Evaluasi Kualitas Produk Untuk Aplikasi Pos Aja Pada PT. Pos Indonesia (Persero)(2023-10-09) DHAIFINA TAQIYYA FAHRISA; Tetty Herawaty; Linda KurniawatiPenelitian ini membahas tentang evaluasi kualitas produk untuk aplikasi Pos Aja pada PT. Pos Indonesia (Persero). Tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengembangkan kualitas produk pada aplikasi Pos Aja agar dapat lebih unggul dibandingkan dengan aplikasi kompetitor lainnya. Pos Aja adalah aplikasi layanan pengiriman yang dikembangkan oleh PT. Pos Indonesia (Persero) untuk menjawab tantangan bisnis layanan pengiriman digital. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan teori utama yang diperkenalkan oleh David A. Garvin (1988) menggunakan delapan dimensi tentang kualitas produk. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Peneliti mengumpulkan data dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara. Kemudian hasil penelitian tersebut dianalisis menggunakan teori menurut Miles & Huberman (2002). Output kajian pada penelitian ini berupa perencanaan strategis berdasarkan dimensi – dimensi kualitas produk yang berisi perbandingan aplikasi Pos Aja dengan aplikasi JNE, J&T, SiCepat, dan Anteraja. Hasil penelitian menunjukan bahwa keunggulan pada aplikasi Pos Aja yaitu dari segi UI (User Interface) karena aplikasi Pos Aja memiliki tampilan yang menarik. Dimensi yang unggul pada aplikasi Pos Aja yaitu dimensi aesthetics (estetika) dan features (fitur). Sedangkan, aplikasi Pos Aja memiliki kelemahan dari segi UX (User Experience) karena aplikasi Pos Aja memiliki kendala pada bagian operasional. Dimensi yang perlu dikembangkan lagi yaitu reliability (kehandalan), conformance (kesesuaian), dan durability (daya tahan). Pada intinya, aplikasi Pos Aja perlu mengembangkan UI/UX karena memiliki peranan yang sangat penting dalam pembuatan sebuah aplikasi. UI berfokus pada sisi estetika suatu desain, sedangkan UX berfokus pada pengalaman pengguna memakai aplikasi. Jika desain UI/UX sudah unggul, dapat meningkatkan kualitas pengalaman pengguna di aplikasi dan kepuasan pengguna secara keseluruhan.