Browsing by Author "FAJAR ALLAMSYAH"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Manajemen Pelayanan Pendidikan Inklusif Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas Negeri Di Kota Bandung(Studi Kasus SMAN 4 Bandung)(2022-07-12) FAJAR ALLAMSYAH; Ramadhan Pancasilawan; Slamet Usman IsmantoPendidikan inklusif sudah seharusnya dilaksanakan di semua sekolah di kota Bandung pada jenjang SD, SMP, maupun SMA. Dalam pemberian pendidikan terhadap anak berkebutuhan khusus(ABK), perlu ditunjang dengan manajemen pelayanan yang baik. SMAN 4 Bandung adalah salah satu SMA di Kota Bandung yang telah menerapkan konsep pendidikan inklusif. Maka dalam keberjalanannya, sman 4 bandung bertanggungjawab dalam kegiatan belajar dan mengajar untuk para peserta didik berkebutuhan khusus. Dalam pemberian pendidikan inklusif, SMAN 4 bandung belum mampu untuk memberikan pelayanan pendidikan yang optimal. Dengan menggunakan teori dari Ratminto dan Atik (2006), penulis akan meneliti tentang Manajemen pelayanan pendidikan inklusif pada jenjang SMA Negeri di Kota Bandung (studi pada SMAN 4 Bandung). penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah manajemen pelayanan pendidikan inklusif pada jenjang SMA di Kota Bandung (studi pada SMAN 4 Bandung) belum berjalan dengan optimal. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa tidak adanya GPK untuk membantu dalam pelayanan pendidikan inklusif, pemberian kurikulum yang tidak optimal, sarana dan prasarana yang masih kurang menunjang para pdbk dan sistem penerimaan peserta didik baru untuk anak penyandang disabilitas yang tidak disosialisasikan dengan baik. Dalam penelitian ini pun ditemukan budaya organisasi yang terjalin dengan baik. Saran dari penulis untuk manajemen pelayanan pendidikan inklusif pada jenjang SMA negeri di Kota Bandung adalah kepada SMAN 4 Bandung untuk mengkaji ulang kurikulum, sarana dan prasarana, dan sistem penerimaan peserta didik agar ramah terhadap anak penyandang disabilitas. Koordinasi antara sekolah dan dinas pendidikan provinsi jawa barat terkait dengan GPK dan pedoman khusus kurikulum yang dimodifikasi.