Browsing by Author "ILHAM HIJRAH MUSTAQIM"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item Paronomasia dalam Dajare Gairaigo pada Situs Web Dajarestation: Kajian Semantis dan Fonologis(2022-09-02) ILHAM HIJRAH MUSTAQIM; Nani Sunarni; Pika Yestia GinanjarDajare adalah salah satu bentuk permainan kata atau paronomasia dalam bahasa Jepang. Menurut Attardo (1994), permainan kata dapat dibagi menjadi paronomasia paradigmatik dan paronomasia sintagmatik. Penelitian ini berfokus pada jenis paronomasia dan relasi makna dalam dajare dari gairaigo yang ditemukan pada situs web DajareStation, serta keambiguan kata yang muncul dari bunyi yang sama dan mirip pada dajare-dajare tersebut. Atas dasar itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis paronomasia dan relasi makna pada dajare dari gairaigo, serta mendeskripsikan keambiguan kata yang berbunyi sama dan mirip pada dajare dari gairaigo, dengan mengacu pada teori relasi makna menurut Tjandra (2016), teori ambiguitas makna oleh Ullman (2011), klasifikasi paronomasia dan teori semantik humor menurut Attardo (1994), serta teori dajare menurut Otake (2010). Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, serta metode simak catat pada tahap pengumpulan data. Sumber data pada penelitian ini adalah situs web DajareStation. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa lebih banyak paronomasia paradigmatik daripada paronomasia sintagmatik pada dajare dari gairaigo, serta digunakannya relasi makna sinonim untuk memunculkan makna target pada paronomasia paradigmatik. Selain itu, berdasarkan keambiguan kata yang berbunyi sama dan mirip pada dajare, ditemukan 6 dajare dengan kata-kata yang berbunyi sama, 5 dajare dengan kata-kata yang berbunyi mirip, serta 16 dajare dengan kata-kata yang berbunyi mirip sebagian.Item Permainan Kata Dajare Sebagai Pembentuk Humor dalam Wacana Iklan Audiovisual Santarou oleh Perusahaan Telekomunikasi Au: Kajian Pragmatik(2023-07-06) ILHAM HIJRAH MUSTAQIM; Nani Sunarni; R. Agus Suherman SuryadimulyaPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembentukan humor dalam dajare pada wacana iklan Santarou serta mendeskripsikan fungsi pragmatik dari dajare pada wacana iklan Santarou. Untuk mencapai tujuan tersebut, teori yang berkenaan dengan pragmatik (Yule, 2014) pembentukan humor (Attardo, 2017b), jenis permainan kata (Otake, 2010a), serta fungsi pragmatik (Simon, 2008) dirujuk dalam penelitian ini. Objek penelitian adalah wacana iklan audiovisual yang diambil dari sumber data serial iklan Santarou oleh perusahaan telekomunikasi Au. Penelitian ini menggunakan metode simak catat sebagai metode penyediaan data, serta metode padan sebagai metode analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembentukan humor pada data didasarkan pada dajare, terutama antara jenis kata kango-gairaigo, yang dapat didukung oleh pelanggaran prinsip kerja sama atau membentuk humor secara sendiri. Tuturan dengan dajare digunakan untuk mendukung tujuan wacana iklan, termasuk; menginformasikan keunggulan produk, mencitrakan merek, menjanjikan imbalan, serta menarik perhatian pendengar.