Browsing by Author "RIZKA HUSNIA KANTI"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item IMPLEMENTASI KEBIJAKAN SISTEM INFORMASI PEMERINTAHAN DAERAH (SIPD) PADA BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH PROVINSI JAWA BARAT(2023-12-20) RIZKA HUSNIA KANTI; Yogi Suprayogi Sugandi; Herijanto BektiPenelitian ini mendiskusikan tentang implementasi Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) yang dilaksanakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jawa Barat. Provinsi Jawa Barat sebagai pemerintah daerah melalui Bappeda berkewajiban melaksanakan perencanaan pembangunan daerah dengan memanfaatkan sistem digital yang telah disediakan oleh Kementerian Dalam Negeri. Perencanaan Pembangunan daerah menggunakan SIPD sebagai alat bantu untuk mensinkronkan dan mencegah terjadinya duplikasi data pembangunan di daerah. Oleh karena itu, pelaksanaan SIPD perlu berjalan optimal sebagai wujud dari implementasi kebijakan yang baik. Pendekatan utama pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Selanjutnya, proses analisis data dilakukan dengan triangulasi data yang membandingkan hasil wawancara dan hasil observasi di lapangan yang peneliti lakukan. Penelitian ini mengungkapkan bahwa untuk mengoptimalkan implementasi SIPD di Bappeda Provinsi Jawa Barat terdiri dari 5 (lima) variabel yaitu komunikasi, sumber daya, sikap atau disposisi, struktur birokrasi, dan lingkungan yang saling berinteraksi secara baik sehingga implementasi SIPD akan berjalan optimal.Item IMPLEMENTASI PROGRAM RINTISAN SEKOLAH BERTARAF INTERNASIONAL (RSBI) DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 5 BANDUNG(2012-10-15) RIZKA HUSNIA KANTI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai implementasi program Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) di SMA Negeri 5 Bandung. Adapun latar belakang penelitian ini, peneliti menemukan adanya indikasi masalah mengenai belum terpenuhinya persyaratan untuk menjadi sekolah RSBI oleh SMA Negeri 5 Bandung, yaitu belum diterapkannya sistem kredit semester, belum optimalnya penggunaan bahasa inggris, belum terpenuhinya jumlah guru minimal 30% berpendidikan S2/S3, penggunaan sarana yang belum optimal, dan proses pembelajaran yang masih satu arah. Untuk menganalisis permasalahan di atas peneliti menggunakan teori dari Charles O. Jones yang menyatakan bahwa ada tiga aktivitas yang dapat dilaksanakan saat implementasi program yaitu organisasi, interpretasi, dan aplikasi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti dalam penelitian skripsi ini adalah metode penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi dan wawancara kepada informan (Kepala Sekolah SMA Negeri 5 Bandung, Wakasek Bidang Akademik, Wakasek Bidang Sarana dan Prasarana, Wakasek Bidang Kesiswaan, Koordinator RSBI, Guru, dan siswa SMA Negeri 5 Bandung). Dalam penelitian ini peneliti melakukan pengujian keabsahan data dengan cara triangulasi dengan sumber dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program RSBI di SMA Negeri 5 Bandung secara umum sudah terlaksana dengan baik, hal ini ditunjukkan dengan beberapa upaya yang telah dilakukan oleh SMA Negeri 5 Bandung untuk mencapai SMA RSBI yang ideal. Namun masih terdapat juga kekurangan terutama di dalam pemenuhan jumlah guru yang berpendidikan S2/S3, penggunaan bahasa inggris yang belum optimal, dan penerapan sistem kredit semester.