Browsing by Author "VIORENSA TEDJALAKSANA"
Now showing 1 - 2 of 2
Results Per Page
Sort Options
Item MODEL PENGEMBANGAN B2C (BUSINESS TO CUSTOMER) TERHADAP PENJUALAN PRODUK AQUAPONIK DI PT. TABEL(2023-07-13) VIORENSA TEDJALAKSANA; Yosini Deliana; Lucyana TrimoAquponik ialah tata cara atau sebuah metode untuk budidaya ikan (akuakultur) dan tanaman (hidroponik) secara bersama-sama dalam sebuah ekosistem yang saling menguntungkan. Hal ini akan mendukung dengan memakai baterai alami untuk mengubah limbah ikan berupa kotoran dan sisa pangan ikan menjadi sebuah nutrisi tanaman. PT. TABEL (Tanikota Agribudaya Edulestari) menjadi salah satu perusahaan yang berada di Jawa Barat dengan menerapkan sistem pertanian organik. Perusahaan tersebut menggunakan konsep budidaya pertanian yang bebas dari pupuk dan insektisida kimia buatan dengan sistem permakultur dan aquaponik. Inovasi aquakultur yang diterapkan pada perusahaan tersebut tidak selamanya membuahkan hasil yang manis secara langsung, walaupun penerapan konsep telah mereduksi biaya namun belum dapat memperoleh keuntungan usaha secara maksimal. Persaingan pemasaran aquaponik serta daya saing pada bidang sejenis turut menjadi polemik dalam dunia aquaponik. Melihat potensi permasalahan tersebut pengembangan inovasi akuakultur pada perusahaan tersebut sangat dibutuhkan. Dalam penelitian ini yang menjadi fokus utama ialah bagaimana bisa manajemen operasi penjualan produk aquaponik dan potensi SOAR yang dihadapi PT. TABEL, serta bagaimana model pengembangan bussiness to customer (B2C) terhadap penjualan produk aquaponik yang sesuai untuk diterapkan di PT. TABEL. Metode penelitian ini merupakan suatu studi kasus dengan menggunakan sebuah pendekatan kualitatif. Data yang akan dipakai dalam penelitian ini yakni primer dan sekunder. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa: (1) penerapan manajemen operasional akan dilakukan pada penjualan produk ataupun di PT tabel, yakni planning, organizing, actuating, controling; (2) berdasarkan matriks dari SOAR menjadi strategi yang mana dapat dijadikan prioritas adalah stategi pendekatan dalam meningkatkan pangsa pasar dan strategi dalam pengembangan produk; (3) PT. TABEL telah berlangsung dalam melaksanakan kegiatan dengan tanggung jawab sosial (CSR) yang didasarkan atas komitmen dan keseriusan, dengan perencanaan yang terperinci dan implementasi yang terarah.Item STRATEGI PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELI KONSUMEN DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus Di Rumah Nutrisi Klub Bugar Fitri, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis)(2022-03-29) VIORENSA TEDJALAKSANA; Lucyana Trimo; Tidak ada Data DosenABSTRAK Viorensa Tedjalaksana. 2021. Strategi Pemasaran Dalam Meningkatan Minat Beli Konsumen Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Di Rumah Nutrisi Klub Bugar Fitri, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis). Dibawah bimbingan Lucyana Trymo. Pandemi Covid-19 tidak hanya berdampak pada dunia bisnis, tetapi juga telah mengubah perilaku semua orang di seluruh dunia. Salah satu perubahan perilaku setiap orang di seluruh dunia sejak Covid-19 adalah meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengkonsumsi produk kesehatan. Salah satu perusahaan yang menjual produk kesehatan adalah perusahaan Herbalife. Saat ini metode pemasaran produk Herbalife yang sedang berkembang di dunia disebut Healthy Club. Klub kesehatan sudah tersebar di berbagai kota bahkan sampai ke pelosok, termasuk Kabupaten Ciamis. Salah satu Health Club yang ada di daerah Ciamis bernama Fitri Fitness Club. Mengembangkan bisnis produk nutrisi herbalife tidak selalu berjalan mulus, dimana Fitri Fit Club masih dihadapkan pada kendala pemasaran. Sehingga perlu dirumuskan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan dari penelitian ini adalah merumuskan strategi pemasaran untuk meningkatkan minat beli konsumen pada Fitri Fit Club. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik studi kasus. Analisis data yang digunakan adalah analisis matriks IFAS, EFAS, IE, SWOT dan QSPM. Hasil dari penelitian ini adalah bisnis produk nutrisi herbalife berada di sel V (posisi internal rata-rata dan posisi eksternal sedang) yang menunjukkan jenis strategi penjaga dan pertahanan. Berdasarkan hasil pembobotan matriks IFAS dan EFAS, yang perlu dijaga oleh perusahaan adalah kesehatan merupakan kebutuhan primer yang harus dijaga setiap saat, sedangkan yang harus dijaga adalah kemasan produk yang utuh dan memiliki barcode dan tetap berada di inkubator bisnis Herbalife. Kata Kunci : Herbalife , Minat Beli, Strategi Pemasaran, Klub Bugar Fitri