Browsing by Author "YUSUF HERMAWAN"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Kualitas Pelayanan Kesehatan Bagi Pasien Rawat Inap Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut(2017-03-22) YUSUF HERMAWAN; A. Djadja Saefullah; Budiman RusliABSTRAK Fokus utama penelitian ini adalah masalah kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Slamet Garut. Pada dasarnya kualitas pelayanan kesehatan bagi pasien rawat inap peserta BPJS Kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Slamet Garut masih belum memuaskan sesuai dengan harapan pasien yang disebabkan masih adanya kekurangan-kekurangan seperti petugas kurang responsif, diskriminasi perlakuan terhadap pasien, obat yang harus dibayar, kondisi ruang rawat yang kurang memadai, lamanya waktu tunggu pelayanan, dan kurangnya tenaga dokter spesialis. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi interpretative. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan teknik triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan fakta bahwa pelayanan berkualitas meliputi keandalan, daya tanggap, jaminan, empati, dan bukti langsung belum semua diterapkan secara optimal di Rumah Sakit Umum Daerah dr. Slamet Garut, dan menunjukkan masih adanya kekurangan-kekurangan. . ii ABSTRACT The main focus of this study is the issues of the quality of health service for patiens BPJS in dr. slamet district general hospital, Garut. Basically the quality of health service for BPJS in-patients in dr. slamet district general hospital, Garut. is still not satisfactory according to the patient’s expectations caused by the flow deficiencies such as lack of responsiveness officer, discrimination against patient, medicine that must be paid, conditions ward inadequate, long waiting time service, and specialist doctors less. Research methods using qualitative method with the approach of interpretative phenomenological study. The data collection techniques by observation, in-dept interview and documentation study. The collected data is processed and analyzed using triangulation technique. Based on the results of the reseach found facts, that quality of service include reliability, responsiveness, assurance, empathy, and tangible, not all implemented optimally by in dr. slamet district general hospital, Garut and show that there are deficiencies. iii