D3 - Diploma
Permanent URI for this community
Browse
Browsing D3 - Diploma by Issue Date
Now showing 1 - 20 of 206
Results Per Page
Sort Options
Item Tinjauan Pelaksanaan Penataan Interior Display Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Seba Shoes Store Bandung(2008) TIAS RATNA HANDAYANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenTias Ratna Handayani, 120203080089, 2012, "Tinjauan Pelaksanaan Penataan Interior Display Dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen pada Seba Shoes Store Bandung". Laporan Tugas Akhir, Program Diploma III, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran, Bandung, dibawah bimbingan Ibu Hj. Sri Djatmika S. Arifin, SE., M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pelaksanaan penataan interior display, pelaksanaan penataan interior display, faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan interior display dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan penataan interior display dalam upaya meningkatkan minat beli konsumen pada Seba Shoes Store Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam Laporan Tigas Akhir ini adalah metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, studi lapangan, wawancara, observasi dan kuesioner. Sedangkan sumber data yang diperoleh adalah data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tujuan pelaksanaan interior display adalah untuk menarik konsumen masuk ke dalam toko, membedakan jenis barang, memberikan kenyamanan berbelanja, meningkatkan volume penjualan dan penanaman image. Pelaksanaan interior display sendiri terdiri dari window display, interior display, dan eksterior diaplay. Window display yaitu pemajangan poster bergambar minimalis pada etalase toko. Sedangkan interior display yaitu terdiri dari merchandise display (open display, close display dan architecture display), store design decoration dan dealer display. Kemudian pelaksanaan eksterior display penataan display barang, penerangan ruangan, warna dinding dan langit-langit ruangan toko. Faktor yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan interior display yang dilakukan adalah warna, penerangan, ketinggian langit-langit, alat pendingin ruangan, kebersihan dan kerapihan. Hambatan-hambatan pada pelaksanaan interior display adalah tidak adanya perencanaan terhadap penataan display barang utamanya baju, terbatasnya tempat pajangan tidak sebanding dengan produk yang ada sehingga baju-baju yang terpajang terlihat berjejal, penerangan yang kurang cerah dan kurangnya promosi pada media. Saran yang dikemukakan oleh penulis dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan perusahaan antara lain perencanaan rancangan display dengan efektif dan efisien, penambahan terhadap penerangan lampu dan meningkatkan kegiatan promosi.Item PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTASI PENJUALAN PADA BENGKEL LAS & BESI H. IDIN ROSIDIN(2009) TENNY RADESTRIANA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenTujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang system informasi akuntansi penjualan pada Bengkel Las & Besi H. Idin Rosidin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Tekhnik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi pustaka dan studi lapangan berupa observasi langsung dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa system informasi akuntansi penjualan pada Bengkel Las & Besi H. Idin Rosidin masih belum memadai dan belum terorganisir dengan baik, sehingga terdapat beberapa kelemahan. Peneliti mengusulkan rancangan system informasi akuntansi akuntansi penjualan dalam bentuk bagan alir, serta penerapan pengendalian internal yang lebih baik lagi bagi perusahaan.Item PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN DAN PENERIMAAN KAS PADA TOKO FINA BAGS AND SHOES(2013-06-03) SELFIA OKTAFIANI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenTujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas pada Toko Fina Bags and Shoes. Penelitian ini dilakukan pada Toko Fina Bags and Shoes yang beralamat di Jalan Sukajadi No 74 - Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif yaitu yang berisi mengenai langkah-langkah yang dilakukan dalam mengidentifikasi data, mengumpulkan data, mengolah data, dan menyusun ikhtisar hasil penelitian dan rekomendasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi pustaka dan studi lapangan melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang ada pada Toko Fina Bags and Shoes belum memadai. Sehingga perlu perancangan sistem informasi akuntansi penjualan dan penerimaan kas meliputi dokumen, catatan, prosedur dan sistem pengendalian intern. Untuk sistem penerimaan kas, dokumen dan catatan yaitu faktur, jurnal penjualan, dan jurnal penerimaan kas.Item PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN WARUNG JEANS BERDASARKAN SAK ETAP PERIODE AGUSTUS 2012(2013-06-10) NURUL PRATIWI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu usaha mikro kecil menengah Warung Jeans dalam penyusunan laporan keuangan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif,yang bertujuan merberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan perusahaan,dimana data-data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis kemudian dibandingkan dengan teori-teori dan literatur yang ada pada tinjauan tinjauan pustaka sehingga diperoleh suatu kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian penyusunan laporan keuangan pada Warung Jeans setelah dilakukan dengan baik sesuai dengan SAK ETAP yang berlaku Indonesia.Item SISTEM INFORMASI PEMBERIAN KREDIT PADA KOPERASI BMT EL BATASYA(2013-06-11) MAULANA SETIAWAN; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenLaporan Tugas Akhir ini disusun oleh Maulana Setiawan, 120103090069, Program Studi Akuntansi, Program Diploma III, Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran. Laporan Tugas Akhir ini berjudul “SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PEMBERIAN KREDIT PADA BMT EL BATASYA”. Dalam penyusunan Laporan Tugas Akhir ini penulis dibimbing oleh Ibu Anggi Primadhani, S.E., M.Ak., SAS. Penelitian ini dilakukan pada Koperasi BMT El Batasya yang terletak di Jl. Pamekar Raya No. 69, Bandung. Adapun objek yang diteliti adalah mengenai sistem informasi akuntansi pemberian kredit. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyusun sistem informasi akuntansi pemberian kredit yang andal pada Koperasi BMT El Batasya. Dalam penelitian ini metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, yaitu mengumpulkan, menganalisis, dan menginterpretasikan data yang diperoleh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini, penulis menyimpulkan bahwa belum adanya pemisahan fungsi, dokumen yang dibuat dalam 1 rangkap, dan prosedur otorisasi oleh karyawan, serta merancang sistem informasi akuntansi pemberian kredit. Sistem informasi akuntansi dapat dijadikan sebagai alat pedoman, pengkoordinasian dan pengawasan kerja manajemen dalam hal pemberian kredit yang dilakukan Koperasi BMT El Batasya.Item PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA WARUNG INTERNET (WARNET) AGUNG NET PERIODE SEPTEMBER 2012(2013-06-14) ALWIN BAKTI WIGUNO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data Doseniii ABSTRAK Penelitian ini dilakukan pada Agung Net yang terletak di Jalan Samiaji Gang Saleh no. 112 Bandung. Objek yang diteliti adalah mengenai “Penyusunan Neraca Awal dan Laporan Keuangan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat Neraca Awal dan Laporan Keuangan pada Agung Net. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yang bertujuan untuk membuat gambaran atau lukisan sistematis, faktual, dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat antara hubungan ekonomi antar fenomena yang diselidiki, dengan teknik pengumpulan data melalui teknik wawancara dan teknik observasi. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalah neraca awal, laporan laba rugi, laporan perubahan modal, neraca, dan laporan arus kas. Kata Kunci : Neraca Awal, Laporan Keuangan, SAK ETAPItem USAHA PROMOSI PADA INA COOKIES BANDUNG(2013-06-14) INDAH DWI SETYOWATI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenAbstrak Usaha Promosi pada Ina Cookies Bandung, Disusun oleh Indah Dwi Setyowati 120203080058, dibawah bimbingan bapak Sunu Widianto, SE., M.Sc, diajukan untuk memenuhi syarat dalam menempuh ujian sidang Program Diploma III Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Tujuan dan Usaha Promosi yang dilakukan oleh Ina Cookies Bandung, yaitu yang berlokasi di Jalan Bojong Koneng no.08 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif yang memberikan gambaran yang jelas mengenai keadaan perusahaan yang berhubungan dengan masalah yang diteliti yang kemudian disusun dan diolah secara sistematis sehingga menghasilkan suatu kesimpulan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Riset lapangan, Observasi, dan Riset kepustakaan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah kesimpulan bahwa tujuan dan usaha promosi pada Ina Cookies yaitu untuk memperkenalkan produk baru, membangun merek, mendorong konsumen, merangsang permintaan, memperbaiki kinerja pemasaran, sebagai bagian dari bauran promosi lainnya, mendorong konsumen, menyebarkan informasi produk, untuk mendapatkan kenaikan penjualan dan profit, untuk mendapatkan pelanggan baru,untuk menjaga kestabilan, dan membentuk citra produk. Dalam penelitian ini terdapat pula beberapa jenis-jenis usaha promosi yang dilakukan Ina Cookies, yaitu: Periklanan (Advertising) dan Promosi Penjualan (Sales Promotion).Terdapat pula faktor-faktor yang menentukan keberhasilan usaha promosi pada Ina Cookies, yaitu: Besarnya dana yang tersedia untuk promosi, Kondisi pasar, Jenis dan kualitas produk yang dipasarkan, Tahap-tahap dalam siklus kehidupan produk dan Keadaan Ekonomi pasar. Saran yang diberikan oleh penulis antara lain: Setelah mengadakan penelitian usaha pada Ina Cookies Bandung ada beberapa saran yang kiranya dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan, yaitu: Mengenai faktor biaya promosi, Menyadarkan pentingnya promosi bagi karyawan dan Mengenai persaingan. Abstract Business promotion at Ina Cookies Bandung, by Indah Dwi Setyowati 120203080058, Under the guidance of father Sunu Widianto, SE., M.Sc, submitted for examination qualify in attend the session ini which diplomas are iii education program expert administration company Faculty Economic and Business Padjajaran University. Purpose of this research is to determine the purpose and business promotion by Ina Cookies Bandung, which is located at Jalan Bojong Koneng No.08 Bandung. A method of research that use is a method of descriptive the provides a description that is clear about the state of the company that deals with the problems researched which are then prepared and tillable sistimatically so as to produce a conclusion. The technique of the collection of data used is a research field, observation, and research library. The results obtained are the conclusion that the purpose and promotional efforts on Ina Cookies is to introduce new products, build brands, encourage consumers, stimulate demand, improve marketing performance, as part of the promotional mix other, encouraging consumers, disseminate product information, to get a rise sales and profit, to acquire new customers, to maintain stability, and shaping the image produk. In this study are also several types of promotional efforts undertaken Ina Cookies, which are: Advertising and promotion selling that included also the factors that determine the success of the business promotion in Ina Cookies, which are: the amount of funds available for the promotion, market conditions, type and quality of marketed products, stages in the life cycle of the product and the market economy condition. The advice given by the author are: After conducting research effort on Ina Cookies Bandung there are some suggestions that would be used as a material consideration, namely: Regarding the cost factor promotional campaigns to sensitize the importance of employees and about competition.Item RANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN TUNAI PADA STRANOUGH GUITAR TECHNOLOGY(2013-06-18) BONI AGLIM KEMALA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penelitian yang dilaksanakan di perusahaanStranough Guitar Technology yang beralamatkan di JalanSurapati 153B Kota Bandung, bertujuanuntukmengumpulkaninformasitentangsistemakuntansipenjualantunai yang diterapkanpadaStranough Guitar Technology, untukmelakukananalisisterhadapsistemakuntansipenjualantunai yang diterapkanpadaStranough Guitar Technology, membuatrancangansistemakuntansipenjualantunai yang baikdanmemadaipadaStranough Guitar Technology. Metodepenelitian yang dilakukanadalahmetodedeskriptifyaitumengenaisisteminformasiakuntansiperusahaan yang sudahberjalan di dalamperusahaanuntukdianaliskembalikekurangan yang masihharusdiperbaikilagi di masa yang akandatang. HasildaripenelitianiniberuparancangansisteminformasiakuntansipenjualanuntukStranough Guitar Technology, memberikaninformasi yang akuratmengenaisistem yang berlaku di dalamperusahaandanuntukmeningkatkanpengendalian intern padaperusahaan.Item PERANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BERDASARKAN PESANAN DAN PENERIMAAN KAS PADA PRAS 119(2013-06-18) ANNY FUJI WIDYAS SERA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Anny Fuji Widyas Sera, 120103090093, Program Studi Akuntansi, Program Diploma III, Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran yang diberi judul “ RANCANGAN SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BERDASARKAN PESANAN DAN PENERIMAAN KAS PADA PRAS 119”, yang beralamat di jalan surapati No. 119 Bandung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode deskriptif yaitu metode yang ditujukan kepada pemecahan masalah yang berlaku pada saat sekarang (masalah yang aktual). Pelaksanaan metode ini tidak terbatas sampai pada pengumpulan data, tetapi meliputi analisis dan interpretasi tentang arti data tersebut. Peneliti berhasil menyusun dan menganalisis sistem informasi akuntansi pada Pras 119 yang diproses dari prosedur yang digunakan dan flowchart sebagai alur bagan sistem penjualan berdasarkan pesanan dan penerimaan kas sebagaimana tersaji dalam bagian akhir dari Laporan Tugas Akhir ini. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi penjualan bedasarka pesanan dan penerimaan kas masih belum terorganisir dengan tepat dalam penerapannya. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya hal-hal sebagai berikut: (1) Sebagian besar fungsi-fungsi yang ada pada Perusahaan tersebut dilakukan oleh orang yang sama. (2) hanya memiliki 2 macam dokumen yang digunakan dalam kegiatan penjualan berdasarkan pesanan dan penerimaan kas yaitu nota dan kuitansi. (3) Perusahaan tersebut hanya memiliki satu catatan akuntansi dalam kegiatan operasionalnya yaitu buku kas perusahaan yang dicatat tidak berdasarkan standart pecatatan akuntansi yang seharusnya.Item ANALISIS KESESUAIAN LAPORAN KEUANGAN PADA KOPERASI PEGAWAI TELKOM JAYA PERIODE TAHUN 2011 DENGAN PSAK TAHUN 2012(2013-06-21) DESSY LOVIA OKCI P; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK TujuanPenelitianiniadalahuntukmelakukanAnalisiskesesuaianlaporankeuanganpadaKoperasiPegawai Telkom Jaya periode 2011dengan PSAK tahun 2012danmenyajikanlaporankeuangan yang terdiriataslaporanperubahansisahasilusaha , Neraca , LaporanPerubahan Modal danCatatanataslaporankeuangan. Metode yang digunakanadalahMetodeDeskriptifyaituMetodePenelitiandengancaramengumpulkanbukti – bukti, Keterangandan data –data yang kemudiandianalisissertadisajikandanditarikkesimpulannya. BerdasarkanHasilPenyajianLaporanKeuanganPadaKoperasiPegawai Telkom Jaya yang menyajikanLaporanKeuanganBerdasarkan PSAK no 27 tahun 2009 dengan PSAK tahun 2012 dalamAnalisiskesesuaianLaporanKeuanganAturan PSAK lama danBarudapat di simpulkanBahwaPerbedaanLaporanKeuanganterdapatPadaPerbedaan Format laporankeuanganberupa : NeracadanLaporansisahasilusaha, SelebihnyatidakterdapatperbedaanpadaAnalisisPengakuan,Pengukuran,PenilaianpadaLaporankeuanganberupa : LaporanHasilSisa Usaha, Neraca , LaporanPerubahan Modal.Item KUALITAS PELAYANAN COSTUMER SERVICE DAN BUKTI FISIK PADA BERLIAN HOLIDAY TOUR AND TRAVEL BANDUNG(2013-06-25) MAYA RIYANTI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Maya Riyanti, 2013, “Kualitas Pelayanan Costumer Service dan Bukti Fisik Pada Berlian Holiday Tour And Travel Bandung.” Laporan Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Pemasaran, Program Diploma III, Fakultas Ekonomi Universitas Padjadjaran, di bawah bimbingan Sunu Widianto, S.E., M.Sc Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas pelayanan costumer service dan bukti fisik pada Berlian Holidays Tour and Travel Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam Laporan Tugas Akhir ini adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan, studi lapangan, dan wawancara. Sedangkan sumber data yang diperoleh melalui data primer langsung dari perusahaan dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan bahwa costumer service pada Berlian Holiday Tour and Travel Bandung telah memberikan kualitas pelayanan yang baik. Hal ini terlihat dari aspek bukti fisik (tangibles) yaitu adanya peralatan yang modern, fasilitas yang lengkap serta tampilan fisik costumer service yang bersih, rapih dan menarik. Costumer service juga mampu menunjukkan empati dengan memberikan perhatian dan hubungan yang dekat dan profesional dengan konsumen. Dalam aspek daya tanggap (responsiveness), pelayanan pemesanan tiket dan paket tour dilakukan dengan cepat dan adanya mekanisme pemesanan online menyebabkan konsumen lebih mudah dalam memesan tiket. Costumer service telah memberikan pelayanan sesuai dengan yang dijanjikan dan tepat waktu, serta memberikan kesan pertama yang baik dengan tampilan yang menarik dan pelayanan yang ramah. Dalam aspek assurance (jaminan), costumer service dapat memberikan jaminan akan keamanan dan memberikan garansi atas paket wisata dan tiket yang ditawarkan. Sedangkan dalam bukti fisik, bangunan yang cukup besar dengan fasilitas parkir serta kondisi ruangan cukup mendukung dalam memberikan pelayanan kepada konsumen. Saran yang diberikan oleh penulis diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan yaitu hendaknya pihak Berlian Holiday Tour and Travel memberikan pelatihan kepada karyawan khususnya bagian costumer service agar kemampuan dalam melayani konsumen dapat merata dan menambah waktu pelayanan dengan memberikan gaji lembur kepada karyawan secara bergantian. Selain itu, hendaknya pihak Berlian Holiday Tour and Travel dapat lebih memberikan informasi mengenai mekanisme dan prosedur pelayanan dengan lebih jelas kepada konsumen melalui website. Pihak Berlian Holiday Tour and Travel diharapkan dapat membangun perjanjian kerja yang lebih jelas dengan perusahaan tersebut mengenai ganti rugi akibat penundaan ataupun pembatalan tiket yang telah dipesan konsumen.Item PENYUSUNAN NERACA AWAL DAN LAPORAN KEUANGAN PADA WARNET TRAPESIUM UNTUK PERIODE SEPTEMBER 2012(2013-06-28) RENI SUWARGINAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penelitian yang dilakukan penulis ini bertujuan untuk menyusun neraca awal dan laporan keuangan yang meliputi laporan laba rugi, laporan perubahan ekuitas, neraca, dan laporan arus kas pada warnet TRAPESIUM yang beralamat di Jalan Aceh No.41-A Bandung. Dalam penelitian ini metode yang digunakan penulis adalah metode deskriptif, yaitu metode yang bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisa data tentang transaksi-transaksi yang telah dilakukan warnet TRAPESIUM, kemudian disusun pembahasannya secara sistematis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis untuk mendapatkan data adalah dengan wawancara, observasi, dan studi pustaka. Dari hasil penelitian ini, penulis melakukan simulasi dimana penulis mengumpulkan data, mengolah data yang kemudian menyajikannya dalam sebuah laporan keuangan sesuai dengan SAK ETAP. Neraca awal warnet TRAPESIUM per 1 September 2012 menunjukkan nilai aset sebesar Rp 537.253.125 ,kewajiban sebesar Rp 0 dan modal sebesar Rp 537.253.125. Laporan laba rugi warnet TRAPESIUM periode 30 September 2012 menunjukkan laba sebesar Rp 14.070.517. Laporan perubahan ekuitas warnet TRAPESIUM periode 30 September 2012 menunjukkan peningkatan modal sebesar Rp 14.070.517 sehingga modal periode 30 September 2012 sebesar Rp 551.323.642. Neraca warnet TRAPESIUM per 30 September 2012 menunjukkan nilai aset sebesar Rp 551.323.642 kewajiban sebesar Rp 0 dan modal sebesar Rp 551.323.642. Laporan arus kas warnet TRAPESIUM periode 30 September 2012 menunjukkan kenaikan kas sebesar Rp 20.330.000 sehingga saldo kas pada 30 September 2012 sebesar Rp 51.230.000. Laporan keuangan dapat dijadikan sebagai alat pedoman, pengkoordinasian dan pengawasan kerja manajemen dalam hal pengeluaran biaya dan penjualan yang dilakukan warnet TRAPESIUM. Kata kunci : laporan keuangan, penyusunan laporan keuangan, dan neraca awal.Item PENYUSUNAN NERACA AWAL DAN LAPORAN KEUANGAN PADA CV. TJORET CREATIVE STUDIO PADA PERIODE AGUSTUS 2012(2013-07-12) ANNISA MELINDA JAMAL; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Annisa Melinda Jamal, 120103090117, “PenyusunanNeracaAwaldanLaporanKeuanganpada CV. Tjoret Creative StudiopadaPeriodeAgustus 2012” Laporan Tugas Akhir, Program Studi Akuntansi, Program Diploma III PAAP, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Padjadjaran. Di bawah bimbingan Ibu Dr. Srihadi Winarningsih, SE., M.Si. Penelitian ini dilakukan pada CV.Tjoret Creative Studio yang terletak di Komplek Ppr Blok B Nomor 22 RT/RW 001/007, Mekarwangi, Bandung.Adapun objek yang diteliti adalah mengenai “Penyusunan Laporan Keuangan”.TujuanpenelitianiniadalahuntukmembuatlaporankeuanganpadaCV. Tjoret Creative Studio, yang terdiridarineracaawal, laporanlabarugi, laporanperubahanekuitas, neraca, danlaporanaruskas. Dalampenelitianinipenulismenggunakanmetodedeskriptif, dimanapenulismengumpulkan, menganalisis, lalumenginterpretasikan data yang diperoleh.Teknikpengumpulan data dilakukandengancaraobservasidanstudipustaka. Dari hasil penelitian ini, penulis melakukan simulasi dan menyusun laporan keuangan sesuai dengan SAK ETAP. Hasilpenelitianiniterdiridarineracaawal, laporanlabarugi, laporanperubahanekuitas, neraca, danlaporanaruskas CV. Tjoret Creative Studio padaperiodeAgustus 2012Item Perhitungan Harga Pokok Produksi Pada Perusahaan Konveksi Hesko(2013-07-24) AL EMROZI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenTujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanaklasifikasibiaya, unsur-unsurbiayaapasajasebagaipenentuhargapokokproduksidanperhitunganhargapokokproduksipada Perusahaan KonveksiHesko. Metodepenelitian yang digunakanadalahmetodepenelitiandeskriptif, yaitusuatumetodepengumpulan data yang dapatmemberikangambaran yang lebihjelasmengenaiobjekpenelitian, kemudianmengadakananalisisterhadap data tersebut.Adapunteknikpengumpulan data yang digunakanadalah :wawancara, observasidanstudikepustakaan. Berdasarkanhasilpenelitian,PerusahaanKonveksiHeskomengklasifikasikanbiayamenurutsesuatu yang dibiayaidenganmempertimbangkanperubahan volume kegiatannyadanunsur-unsurbiayapenentuhargapokokproduksiterdiridaribiayabahanbaku, biayatenagakerjadanbiayaoverheadtetapdan variable, danuntukmetodeperhitunganhargapokokmenggunakanmetodehargapokokpesanan-Full Costing.Item ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN BASO BINTANG AVON(2013-07-25) RAMDIANI ARUMPUTRI; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Ramdiani Arumputri, 120103090109 Laporan Tugas Akhir ini berjudul “ANALISIS SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN PADA RUMAH MAKAN BASO BINTANG AVON”. Program Studi Akuntansi, Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran, dibawah bimbingan Bapak M. Dahlan, S.E.,M.Acc.,Ak. Penulis melakukan penelitian pada Rumah Makan Baso Bintang Avon yang berlokasi dijalan Ahmad Yani 29A Bandung. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan Sistem Informasi atas Penjualan serta Sistem Pengendalian Intern Terkait Penjualan pada Rumah Makan Baso Bintang Avon menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan Sistem Informasi Akuntansi atas Penjualan dan Sistem Pengendalian Intern Penjualan pada Rumah Makan Baso Bintang Avon masih memerlukan penyempurnaan karena terlihat dari struktur organisasi yang memisahkan tanggung jawab, sistem otorisasi, prosedur pencatatan dan praktik yang sehat belum terlaksana dengan baik.Item ANALISIS KELAYAKAN KREDIT USAHA KECIL PADA PT.BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk(2013-08-02) CAMILLUS KENNY S; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Camillus Kenny Sampara, 2012, 120203080007 �ANALISA KELAYAKAN KREDIT USAHA KECIL PADA PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk� . Laporan Tugas Akhir, Program Studi Manajemen Pemasaran, Diploma III, Pendidikan Ahli Administrasi Perusahaan, Fakultas Ekonomi, Universitas Padjadjaran, dibawah bimbingan Bapak Rahmat Soedarsono,S.E.,M.Si. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui analisa kelayakan kredit, pengertian kredit usaha kecil, prosedur-prosedur pemberian kredit, serta faktor-faktor pendukung dan penghambat proses kredit pada PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk. Objek yang diteliti adalah analisa kelayakan kredit usaha kecil pada PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif. Berdasarkan dari hasil penelitian diperoleh bahwa analisa kelayakan kredit usaha kecil pada PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk adalah pengertian tentang kredit usaha kecil yang dilakukan PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk. memiliki 2 ketentuan yaitu ketentuan umum dan ketentuan khusus serta persyaratan dokumen dan ketentuan pemberian kredit. Prosedur-prosedur pemberian kredit pada PT BANK NUSANTARA PARAHYANGAN,tbk. dilakukan dengan beberapa tahap seperti pengumpulan formulir aplikasi, BI checking, trade checking, dan analisa 5C yaitu : character, capacity, capital, collateral, dan condition Faktor pendukung analisa kelayakan kredit usaha kecil yaitu adanya BI checking, trade checking dan undang-undang yang berlaku. Sedangkan, faktor penghambat yaitu human eror,dan ketidak jujuran calon debitur.Item PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN DI TOKO MEBEL BERKAH UNTUK PERIODE SEPTEMBER 2012(2013-08-20) AJENG EVA NOVITA; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenABSTRAK Penelitian yang dilakukan penulis ini bertujuan untuk menyusun laporan keuangan Toko Mebel Berkah yang beralamat Jalan Raya Cibabat No.34 Cimahi, Jawa Barat, yang berguna untuk memberikan gambaran kepada perusahaan mengenai penyusunan laporan keuangan yang sesuai dengan sistem akuntansi SAK-ETAP yang diadopsi oleh usaha kecil menengah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif, yang bertujuan memberikan gambaran yang cukup jelas mengenai keadaan laporan keuangan di perusahaan. Proses penelitian yang dilakukan oleh penulis adalah identifikasi posisi awal keuangan dan identifikasi transaksi-transaksi yang terjadi di Toko Mebel Berkah yang kemudian disusun menjadi neraca awal Toko Mebel Berkah dan laporan keuangan Toko Mebel Berkah periode September 2012. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat diketahui bahwa terdapat beberapa kelemahan pada sistem akuntansi yang terkait, seperti sistem pencatatan, pengarsipan bukti transaksi, penilaian persediaan dan penyusunan laporan keuangan. Sehingga, penulis membantu dalam proses-proses penyusunan laporan keuangan untuk perusahaan dengan harapan perusahaan dapat menggunakan hasil penelitian penulis ini sebagai acuan dalam penyusunan laporan keuangan bagi perusahaan.Item Perancangan Sistem Informasi Akuntansi Pembelian Dan Penjualan pada Toko american Giant Mattress(2013-08-21) DESI RIYANTININGSIH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenTujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang dan menyempurnakan sistem dan prosedur pembelian dan penjualan pada Toko American Giant Mattress yang bergerak dibidang penjualan kasur dan perlengkapannya, yang berlokasi di Jalan Pasir Kaliki No.152, Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif, yaitu menggambarkan atau menguraikan secara karakteristik dari suatu gejala atau masalah yang diteliti serta berusaha menyampaikan fakta-fakta secara sistematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi lapangan dengan melakukan survey, pengamatan, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan data menggunakan tahapan-tahapan pengembangan sistem yang digunakan dengan cara analisis sistem, desain konseptual, dan desain fisik. Berdasarkan analisis dan hasil penelitian yang dilakukan penulis, dapat diketahui bahwa ada beberapa kelemahan pada fungsi yang terkait, dokumen, prosedur, dan pengendalian internal yang ada pada Toko American Giant Mattress. Sehingga, penulis merekomendasikan penambahan maupun perbaikan pada fungsi, dokumen, catatan, prosedur dan pengendalian internal.Item penyusunan laporan keuangan pada key salon hair beuty & spa periode agustus 2012(2013-08-23) IPA HALIPAH; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenDraf Laporan Tugas Akhir ini disusun oleh Ipa Halipah 120103090215, dengan perihal �PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA KEY SALON HAIR BEAUTY & SPAPERIODE AGUSTUS 2012�. Program StudiAkuntansi, Program Diploma, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran dibawah bimbingan Bapak Dede Abdul Hasyir, SE.,M.,Ak.,Ak. Penulis melakukan penelitian di Key Salon Hair Beauty & Spa yang berlokasi di Jalan H. Samsudin No.43 Kelurahan Ciateul Bandung. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan cara penyusunan laporan keuangan. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan cara studi kasus dan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi dalam proses pengumpulan data. Berdasarkan hasil penyusunan laporan keuangan pada Key Salon Hair Beauty & Spa yang telah penulis sajikan, laporan keuangan yang terdiri dari Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Perubahan Ekuitas, dan Laporan Arus Kas. Kata kunci :LaporanKeuangan, Neraca, LaporanLabaRugiItem sistem informasi akuntansi pembelian dan penjualan pada mekar jaya(2013-08-27) DINI SETIAWATY; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenPenelitian ini dilakukan pada Mekar Jaya yang terletak di Jalan Dipati Ukur No.230 Bandung. Tujuan penelitian ini merancang sistem informasi akuntansi pada Mekar Jaya yang belum terdapat sistem informasi akuntansi pembelian dan persediaan. Dalam melakukan penelitian ini, penulis menggunakan metodee deskriptif, yaitu metode yang dilakukan dengan cara mengumpulkan, menganalisa serta menyajikan data sehingga diperoleh gambaran yang jelas mengenai masalah yang dihadapi, kemudian ditarik sebuah kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sistem informasi akuntansi pembelian dan sistem informasi akuntansi persediaan. Sistem informasi akuntansi dapat dijadikan sebagai pedoman, pengkoordinasian dan pengawasan kerja manajemen dalam hal pembelian dan persediaan yang dilakukan Mekar Jaya.