Bisnis Logistik (D-IV)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Bisnis Logistik (D-IV) by Subject "Analisis SWOT"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item Analisis SWOT penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru bandung(2023-10-02) CENING AYU SUSMAYATI; Lina Auliana; Linda KurniawatiPenerapan E-marketing merupakan sebuah proses pemasaran online yang saat ini banyak dilakukan oleh perusahaan. Dengan melakukan penerapan E- marketing yang efektif perusahaan akan mampu meningkatkan keuntungan, menguatkan bisnis dan lain sebagainya. PT Erlangga Mahameru Bandung menjadi salah satu perusahaan yang telah menerapkan E-marketing, namun belum terlalu efektif, dikarenakan pihak perusahaan mengalami kendala dalam proses membuat desain maksimal, menginformasikan dan mendeskripsikan produk dengan baik agar tujuan tersampaikan dengan baik kepada pelanggan. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, untuk mendapatkan dan mengolah data berdasarkan hasil wawancara, observasi,studi pustaka dan dokumentasi. Kemudian penulis akan melakukan analisis SWOT terhadap penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung. Penelitian ini memiliki hasil bahwa penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung telah berjalan dengan maksimal walaupun belum terlalu efektif. Melalui analisis SWOT, E-marketing dalam PT Erlangga Mahameru Bandung tengah mencoba memaksimalkan beberapa kendala seperti informasi produk,membuat design yang lebih menarik dan koneksi pada saat mengakses Platform online PT Erlangga Mahameru Bandung. Untuk selebihnya penerapan E-marketing pada PT Erlangga Mahameru Bandung telah berjalan dengan baik. Pihak perusahaan juga selalu mengusahakan yang terbaik untuk membantu pelanggan dalam memenuhi kebutuhan, oleh karena itu PT Erlangga Mahameru Bandung tidak pernah menyerah dan tetap melakukan penerapan E- marketing yang efektif dan bertahap. Penulis juga memberikan beberapa saran yang dapat dipertimbangkan oleh pihak perusahaan agar mampu memaksimalkan penerapan E-marketingItem Strategi Pelayanan Prima Pengiriman Barang Pada PT Pos Indonesia (Persero)(2023-03-31) AFINA ZAHRAH DAMAYANI; Nurillah Jamil Achmawati Novel; Ratih PurbasariPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelayanan prima pengiriman barang pada PT. Pos Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang ada dalam penelitian ini adalah Manager Divisi Customer Management PT. Pos Indonesia, Staff Divisi Customer Management PT. Pos Indonesia, dan konsumen. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan kuesioner. Analisis data dilakukan dengan cara analisis deskriptif, analisis SWOT, analisis IFAS dan analisis EFAS sehingga dapat terbentuk strategi untuk direkomendasikan ke PT. Pos Indonesia. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pelayanan prima pada PT. Pos Indonesia sudah terlaksana dengan baik. Strategi yang dilakukan oleh PT. Pos Indonesia adalah memiliki sistem untuk menangani keluhan konsumen, memiliki SOP untuk melayani konsumen baik di loket atau di customer service. Dengan adanya strategi tersebut, dapat diketahui bahwa PT. Pos Indonesia dapat bersaing dan mampu bertahan dengan perusahaan lain. Berdasarkan analisis IFAS dan analisis EFAS diketahui bahwa posisi PT. Pos Indonesia berada di kuadran I, yang berarti memiliki kekuatan yang besar sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada.Item STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PADA ANTER AJA TEGALGUBUG KABUPATEN CIREBON(2023-10-06) LAITS ISMI AZIZAH; Mas Rasmini; Nurillah Jamil Achmawati NovelPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kualitas pelayanan pada Anteraja Tegalgubug Kabupaten Cirebon. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Informan yang ada dalam penelitian ini adalah Area Manager Anteraja Tegalgubug Kabupaten Cirebon, Staging Store Leader Anteraja Tegalgubug Kabupaten Cirebon, dan Pelanggan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi dan wawancara mendalam. Analisis data yang digunakan dengan cara analisis deskriptif, analisis SWOT, analisis IFAS dan analisis EFAS sehingga dapat dibuat strategi untuk direkomendasikan ke Anteraja Tegalgubug Kabupaten Cirebon. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa strategi kualitas pelayanan pada Anteraja Tegalgubug Kabupaten Cirebon terlaksana cukup baik. Strategi yang dimiliki oleh Anteraja adalah memiliki sistem helpdesk yang mana untuk menangani keluhan atau permasalahan yang dirasakan pelanggan, memiliki SOP untuk melayani pelanggan. Berdasarkan analisis IFAS dan analisis EFAS dapat diketahui bahwa Anteraja Tegalgubug Kabupaten Cirebon berada pada posisi di kuadran III yang berarti perusahaan dapat memanfaatkan peluang yang untuk dapat meminimalisir kelemahan yang dimiliki perusahaan.