S3 - Doktor
Permanent URI for this community
Browse
Browsing S3 - Doktor by Subject "Administrasi kependudukan"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Pasca Penetapan Wilayah Lima Desa Di Kabupaten Kampar Provinsi Riau 2015-2017(2018-07-10) AHMAD FITRA YUZA; Nandang Alamsah Deliarnoor; Prio TeguhPenelitian ini mengkaji tentang efektivitas pelayanan administrasi kependudukan pasca penetapan wilayah lima desa di Kabupaten Kampar yang memiliki persoalan dilapangan terkait dengan penyelenggaraan pelayanan administrasi kependudukan ditingkat desa. Dalam melihat pelayanan lima desa diukur dengan menggunakan model dimensi waktu yaitu jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang, selanjutnya menggunakan dimensi lain untuk melengkapi dan menemukan penyebab terkendalanya berbagai pelayanan kependudukan diwilayah lima desa. Metode dan pendekatan penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif (qualitative research) dengan pendekatan deskriptif, pengumpulan datanya melalui metode pengamatan,wawancara mendalam (indepth interview),dokumentasi dan focus group discussion.teknik penentuan informan dilakukan dengan teknik Purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kelima desa tidak dapat diselenggarakan dengan efektif yang dilihat dari Pertama,efektivitas jangka Pendek yang meliputi rendahnya produk pelayanan,tidak efisien, tingkat kepuasan masyarakat yang rendah . Kedua, Efektivitas jangka menengah yang meliputi sulitnya melakukan adaptasi, pengembangan yang terhambat, Ketiga, efektivitas jangka panjang yang meliputi keberlangsungan pemerintahan desa yang terhambat. Pada dimensi ini menemukan berbagai kelemahan,maka dibutuhkan dimensi lain diluar dimensi-dimensi tersebut untuk menjawab mengapa persoalan pelayanan yang diselenggarakan belum efektif. Diperlukan beberapa dimensi yaitu pertama, dimensi kepentingan publik meliputi kondisi masyarakat,dampak merugikan yang tidak diharapkan dari pelayanan,Kedua, dimensi hukum menemukan ketidaktaatan sebagian dari masyarakat kelima desa yang didasari oleh berbagai fenomena yang telah terjadi. Ketiga dimensi sarana dan prasarana terkait persoalan pada akses infrastruktur. Hasil temuan lainnya adalah penataan administrasi pemerintahan desa tidak tertata dengan baik, tidak memenuhi standar pelayanan, prosedur pelayanan yang sulit dipahami masyarakat, perekrutan pegawai sistem yang lama,tidak adanya inovasi pelayanan, tidak adanya sistem dalam menanggapi berbagai keluhan masyarakat, belum tertatantanya tata ruang pelayanan, potensi sumber daya alam dan rentang kendali pelayanan. Kata Kunci : Efektivitas Pelayanan, Administrasi Kependudukan, Penetapan Wilayah.