Ilmu Komunikasi (S2)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Ilmu Komunikasi (S2) by Subject "AJI Bandung"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item STRATEGI KOMUNIKASI AJI BANDUNG DALAM MEWUJUDKAN KESEJAHTERAAN WARTAWAN (Studi Kasus pada AJI Bandung)(2019-02-27) FITRI MANDIRI HATTA; Suwandi Sumartias; Dian Wardiana SjuchroABSTRAK Fitri Mandiri Hatta, 210120160032, 2018. Penelitian ini berjudul “Strategi Komunikasi AJI Bandung Dalam Mewujudkan Kesejahteraan Wartawan. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep kesejahteraan wartawan menurut anggota AJI Bandung, mengetahui Mengapa kesejahteraan penting diperjuangkan, bagaimana tahapan-tahapan strategi komunikasi yang dilakukan AJI Bandung dalam guna mewujudkan kesejahteraan wartawan, mengetahui bagaimana bentuk program dari strategi Komunikasi yang digunakan AJI Bandung guna mewujudkan kesejahteraan wartawan dan mengetahui hambatan-hambatan AJI Bandung dalam menerapkan strategi komunikasi tersebut guna mewujudkan kesejahteraan wartawan. Penelitian menggunakan paradigma kontruktivis, dan metode studi kasus. Informan dalam penelitian ini ialah orang wartawan, empat diantaranya anggota AJIB yang bekerja di berbagai media berbeda dan satu orang merupakan Wakil Pemimpin Redaksi Pikiran Rakyat. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman wartawan anggota AJIB mengenai konsep kesejahteraan sudah baik, dimana kesejahteraan mengacu pada UU No.13 Tahun 2003 sebagai acuan. Kesejahteraan diterjemahkan dengan mendorong pembentukan serikat pekerja yang berdasar kesadaran kelas. Kesejahteraan penting dikarenakan dua hal, yakni karena berpengaruh pada profesionalisme dan independensi, dan upah yang rendah. Kemudian tahapan-tahapan strategi komunikasi terdiri dari beberapa tahapan, yakni: Mengenal khalayak, menetapkan perilaku yang diharapkan, menyusun pesan, menetapkan metode, menetapkan media, dan monitoring atau memastikan umpan balik. Bentuk program dari strategi komunikasi AJIB terdiri dari: Roadshow ke perusahaan media (Semua media yang ada di Bandung / sepanjang tahun, Sosialisasi SOP Advokasi AJI Indonesia (anggota AJIB), Diskusi publik dengan tema pentingnya berserikat (Pekerja media), Survey THR (Pekerja media), Roadshow ke serikat pekerja/lembaga perburuhan (LEM SPSI, KSN, Kasbi, LION, LIPS, Dokter K3, Dokter kesehatan jiwa). Hambatan hambatan AJI Bandung dalam menerapkan strategi komunikasi tersebut guna mewujudkan kesejahteraan wartawan terdiri dari: respon yang sangat rendah dari sesama rekan wartawan untuk mau berserikat, wartawan juga masih berkutat di definisi profesi dan buruh itu, profesi wartawan yang memiliki kesibukan tinggi karena tidak adanya kepastian jam kerja, banyaknya anggota AJIB yang tidak aktif, wartawan tidak memperjuangkan haknya dengan inisiatif melaporkan kepada pengawas Dinas Tenaga Kerja, perusahaan tidak memiliki kesadaran memberikan kesejahateraan kepada karyawannya, Pengawasan yang lemah dari pengawa Dinas Tenaga Kerja