Universitas Padjadjaran
Permanent URI for this community
Browse
Browsing Universitas Padjadjaran by Subject "#CatchYourWave"
Now showing 1 - 1 of 1
Results Per Page
Sort Options
Item #WhatsYourWave dan #CatchYourWave dari Microgram Entertainment sebagai Bentuk Sosialisasi Acara Archipelago Festival di Kota Bandung(2018-07-02) YUDHI PRATAMA; Priyo Subekti; Hanny HafiarABSTRAK Yudhi Pratama, 210110110262, Program Studi Hubungan Masyarakat, Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran. Judul Skripsi: "#WhatsYourWave dan #CatchYourWave dari Microgram Entertainment sebagai Bentuk Sosialisasi Acara Archipelago Festival di Kota Bandung", dengan pembimbing utama Dr. Hj. Hanny Hafiar, M.Si., dan pembimbing pendamping Priyo Subekti, S.Sos., M.Si. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses PR dalam sosialisasi yang dilakukan oleh Microgram Entertainment, mulai dari pendefinisian masalah, perencanaan dan pemrograman, tindakan dan komunikasi, hingga evaluasi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah wawancara terstruktur, observasi nonpartisipan, studi dokumentasi, dan metode penelusuran data daring. Penelitian dilaksanakan di Jakarta, dan di Kantor Microgram Entertainment di Jl. Batik Pekalongan No. 30, Sukaluyu, Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses sosialisasi #WhatsYourWave dan #CatchYourWave terdiri dari tiga tahap. Pertama, pendefinisian masalah, sosialisasi untuk kepentingan acara Archipelago Festival. Kedua, perencanaan dan pemrograman, sebagian besar sosialisasi bersifat daring, ditambah satu kegiatan luring. Ketiga, tindakan dan komunikasi, sosialisasi daring menggunakan bantuan para pemimpin opini dan orang berpengaruh, sosialisasi luring dalam bentuk diskusi. Keempat, evaluasi, dimana pengukuran keberhasilan sosialisasi berfokus pada metriks media sosial. Simpulan dari penelitian ini adalah, sosialisasi ini tidak sepenuhnya sesuai konsep proses PR. Pada tahap pendefinisian masalah, latar belakang informasi kurang kuat. Pada tahap perencanaan dan pemrograman, penetapan sasaran & tolak ukur tidak berkaitan dengan dampak di dunia nyata. Pada tahap tindakan dan komunikasi, terdapat kegagalan dalam beberapa tindakan sosialisasi. Pada tahap evaluasi, hasilnya tidak bisa digunakan untuk mengukur dampak sosialisasi di dunia nyata. Saran pada penelitian ini pada tahap pendefinisian masalah adalah menguatkan latar belakang informasi. Pada tahap perencanaan dan pemrograman adalah menyusun tujuan yang berkaitan dengan peningkatan jumlah pengunjung Archipelago Festival. Pada tahap tindakan dan komunikasi, mengantisipasi berbagai kemungkinan dengan kru cadangan dan sumber daya gratis/murah. Pada tahap evaluasi, dapat dilakukan dengan mengadakan survey daring sebelum dan sesudah sosialisasi.