Sosiologi (S1)
Permanent URI for this collection
Browse
Browsing Sosiologi (S1) by Subject "Adaptasi"
Now showing 1 - 3 of 3
Results Per Page
Sort Options
Item Adaptasi Orang Tua, Siswa, dan Guru Dalam Proses Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Kecamatan Cilengkrang Kabupaten Bandung(2023-06-28) NIDA HANIFAH NUR FARIDAH; Desi Yunita; Bintarsih SekarningrumAdanya kebijakan pembelajaran tatap muka terbatas atau PTMT membuat perubahan seperti metode belajar menjadi tatap muka dengan sistem sesi, penerapan protokol kesehatan, dan aturan baru yang tidak ada dalam pembelajaran jarak jauh. Demi terlaksananya proses pembelajaran dengan aman dan nyaman, maka siswa, orang tua, dan guru memiliki sikap dan caranya untuk beradaptasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana adaptasi orang tua, siswa, dan guru saat PTMT. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian dilakukan terhadap 14 informan yang merupakan orang tua, siswa, dan guru di SDN Cinangka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua, siswa, guru di SDN Cinangka beradaptasi dengan beberapa proses sebagai bentuk penyesuaian dari kebijakan PTMT melalui mengikuti metode belajar dan aturan dengan baik. Akan tetapi terdapat berbagai hambatan yang dilalui, utamanya waktu yang sangat terbatas membuat siswa lebih sulit memahami materi pembelajaran. Guru pun akhirnya memberikan tambahan materi dan tugas dengan berinovasi memanfaatkan media digital. Orang tua, siswa, dan guru di SDN Cinangka dapat beradaptasi dengan baik karena mematuhi sistem dengan bijak dan kesadaran akan saling membantu satu sama lain. Media digital dan interaksi yang baik menjadi faktor pendukung yang penting dalam kelancaran proses adaptasi.Item ADAPTASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Deskriptif pada Siswa SMPN 5 Kota Cimahi)(2023-03-21) FATHARANI INDAH ABSHARI MEGAPERTIWI; Hery Wibowo; Bintarsih SekarningrumAdaptasi sebagai suatu aksi ketika menghadapi perubahan maupun suatu kondisi baru. Hal ini terjadi dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara daring bagi siswa pada masa pandemi COVID-19. Dalam melewati berbagai hambatan pada masa pembelajaran tersebut dilihat dari bagaimana penyesuaian siswa melalui tiga macam adaptasi yaitu adaptasi tingkah laku, adaptasi strategi dan adaptasi proses. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dan adaptasi siswa serta faktor hambatan siswa dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di SMPN 5 Kota Cimahi. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif dengan metode deskriptif. Uji keabsahan data dengan triangulasi data sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dilakukan siswa tersebut cenderung tidak kondusif dan terdapat perilaku menyimpang. Fasilitas media eletronik, lingkungan belajar, dan karakteristik siswa menjadi faktor penghambat yang mengakibatkan siswa tersebut tidak dapat melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara penuh pada masa pandemi COVID-19. Dengan adanya dukungan oleh guru dan orangtua kemungkinan buruk hasil belajar melalui penilaian siswa dapat dicegah dan siswa tersebut dapat melanjutkan jenjang kelas belajar dibalik kemandirian dan kedisiplinan siswa yang dapat dikatakan masih rendah.Item STRATEGI ADAPTASI MAHASISWA DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 (KASUS PADA MAHASISWA FISIP UNPAD)(2022-03-24) SISWO SUPARNO; Tidak ada Data Dosen; Tidak ada Data DosenPandemi Covid-19 membuat kegiatan perkuliahan dialihkan menjadi daring untuk meminimalisir kontak antar mahasiswa dan Dosen demi mencegah penyebaran virus di lingkungan kampus. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kondisi serta strategi untuk beradaptasi yang dilakukan mahasiswa FISIP Unpad dalam proses belajar mengajar daring. Penelitian ini menggunakan konsep adaptasi Robert Merton yaitu konformitas dan inovasi. Konformitas yaitu perilaku yang mengikuti cara yang ditentukan oleh masyarakat, sedangkan inovasi yaitu perilaku yang mengikuti tujuan yang ditentukan oleh masyarakat tetapi memakai cara yang tidak biasa dalam masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Data diambil dari hasil wawancara mendalam terhadap 17 informan mahasiswa yang berasal dari berbagai jurusan dan angkatan di FISIP. Hasil dari penelitian ini yaitu perilaku konformitas mahasiswa dalam beradaptasi didasari karena kesadaran diri akan hak dan kewajiban sebagai mahasiswa maupun sebagai anak di dalam keluarga serta memiliki pengetahuan akan potensi bahaya virus Covid-19. Sedangkan inovasi yang mahasiswa lakukan sesuai dengan kemampuan, pengetahuan, dan jurusan serta terdapat 10 inovasi yang dilakukan oleh mahasiswa. Simpulan, kondisi mahasiswa FISIP dapat melakukan penyesuaian dengan menerapkan strategi dalam mengikuti proses pembelajaran daring.