Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Penggunaan Aplikasi E-Klaim INA-CBG dalam Penagihan Piutang Ke BPJS Kesehatan

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi penentu keberhasilan dalam penggunaan aplikasi E-Klaim INA-CBG pada tiga rumah sakit di Bandung, Depok, dan Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Proses analisis didasarkan pada HOT-Fit Framework dan model triangulasi sebagai metode analisis data. Melalui tahap triangulasi, peneliti mendapatkan data dari wawancara semi-terstruktur, kuisioner, dokumentasi, dan tinjauan literatur. Penelitian ini memberikan gambaran 30 faktor dalam implementasi E-Klaim INA-CBG yang dikelompokkan dalam kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, penggunaan sistem, kepuasan pengguna, struktur organisasi, dan lingkungan organisasi. Faktor tersebut yaitu ease of use, ease of learning, data accuracy, usefulness of system features and functions, integration, accessibility, security, relevancy, completeness, availability, information accuracy, follow up service, assurance, responsiveness, knowledge/skill, training, level of use, overall satisfaction, satisfaction with software, top management support, strategy, security, communication, external communication dan government.

Description

Keywords

Pemerintah, BPJS Kesehatan, Klaim

Citation

Collections