PENGARUH PUBLIKASI MELALUI SOCIAL MEDIA INSTAGRAM, KUALITAS PRODUK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK SFKAUTO

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggapan responden terhadap publikasi melalui social media instagram, tanggapan responden terhadap kualitas produk, tanggapan responden terhadap harga produk SFKauto, dan pengaruh publikasi melalui social media instagram, kualitas produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian produk SFKauto baik bersama-sama maupun terpisah. Dalam penelitian ini populasi adalah konsumen SFKauto yang memiliki Social Media Instagram, dengan jumlah sampel yang diambil sebesar 100 orang. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian tentang pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen adalah Analisis Jalur. Tanggapan responden terhadap publikasi melalui social media instagram adalah positif, photo dan video yang diupload selain menarik dan berkualitas juga merangsanga responden untuk memberikan respon terhadap gambar, selain melalui foto dan video, untuk menjaga konsistensi posting, maka akun instagram SFKauto juga memberikan informasi mengenai dunia otomotif. Publikasi melalui instagram selain sebagai media promosi mampu menyampaikan pesan dengan jelas. Berdasarkan hasil pembobotan publikasi melalui social media instagram (X1) adalah sangat baik. Tanggapan responden terhadap kualitas produk menunukan bahwa masih ada kelemahan dari sisi produk SFKauto, antara lain tidak adanya perbedaan antara produk SFKauto dengan pesaing dan pengiriman barang dinilai masih lambat, selain kedua hal tersebut, produk SFKauto dinilai nyaman digunakan, menggunakan bahan baku terbaik dengan kualitas yang konsisten, desain yang menarik dan customer service yang ramah dan memiliki product knowledge. Berdasarkan hasil pembobotan maka variabel kualitas produk adalah dipertimbangkan. Tanggapan responden terhadap harga produk SFKauto menunjukan bahwa harga produk SFKauto tidak lebih murah dibanding pesaing, namun responden masih merasa bahwa harga SFKauto terjangkau dan sesuai harga pasar, harga juga sesuai dengan kualitas dan manfaatnya. Berdasarkan hasil pembobotan maka variabel harga adalah dipertimbangkan. Pengaruh publikasi melalui social media instagram, kualitas produk dan harga terhadap proses keputusan pembelian produk SFKauto baik bersama-sama maupun terpisah adalah signifikan.

Description

Keywords

PUBLIKASI, SOCIAL MEDIA, KUALITAS PRODUK

Citation

Collections