Pengaruh Intrapreneurship Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Divisi Pengembangan Produk PT. Industri Telekomunikasi Indonesia

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat membutuhkan konsep pengembangan produk yang baik dan tepat sasaran agar dapat menjadi pemain utama dalam industri manufaktur. Maka dalam mengatasinya PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) mempunyai suatu divisi yaitu pengembangan produk yang bertujuan untuk mengembangkan produk yang sesuai dengan sifat dan kebutuhan konsumen. Divisi ini juga berpengaruh besar terhadap revenue perusahaan dari produk yang dikembangkan oleh divisi pengembangan produk. Namun masalah yang timbul adalah penurunan kinerja dua tahun terakhir yang cukup signifikan pada divisi tersebut. Hal ini diduga karena masih kurangnya intrapreneurship dan budaya organisasi pada Divisi Pengembangan Produk PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh intrapreneurship dan budaya organisasi terhadap kinerja Divisi Pengembangan Produk PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero). Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari hasil wawancara dan penyebaran kuesioner yang terdiri dari 42 pertanyaan. Kuesioner ini diberikan kepada populasi karyawan sebanyak 62 responden. Alat analisis yang digunakan untuk menguji hipotesa adalah analisis jalur (path analysis). Hasil pengujian hipotesa deskriptif menunjukkan bahwa intraprenerurship, budaya organisasi, dan kinerja divisi pada Divisi Pengembangan Produk PT. Industri Telekomunikasi cukup baik, namun belum sesuai dengan harapan. Sedangkan hasil pengujian hipotesa verifikatif menunjukkan bahwa intrapreneurship dan budaya organisasi pada divisi pengembangan produk berpengaruh positif terhadap kinerja divisi Pengembangan Produk PT.Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero), baik secara parsial maupun simultan. Besarnya pengaruh intrapreneurship dan budaya organisasi mempengaruhi kinerja divisi adalah sebesar 59,6% sedangkan 40,4% dipengaruhi faktor lain diluar penelitian ini. Kata Kunci : Intraprenuership, Budaya Orgnisasi dan Kinerja Divisi

Description

Keywords

Intrapreneurship, Budaya Organisasi, Kinerja Divisi

Citation

Collections