Pengaruh Persepsi Pasien Mengenai Kualitas Pelayanan Dokter Gigi dan Citra Rumah Sakit terhadap Keputusan Memilih Dokter Gigi di RSGM FKG Unpad
No Thumbnail Available
Date
2016-03-30
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Salah satu kondisi yang dapat mempengaruhi persepsi pasien akan suatu pelayanan kesehatan adalah pengalaman terdahulu yang didapat dari penilaian kualitas pelayanan dan citra Rumah Sakit yang dialami oleh diri sendiri maupun informasi dari orang lain sehingga pasien memiliki pemikiran yang akan mempengaruhi keputusan memilih dokter gigi. Banyaknya dokter gigi yang dapat dipilih dan RSGM FKG Unpad yang merupakan rumah sakit pendidikan dapat membentuk rasa ragu pasien sehingga dapat mempengaruhi keputusan untuk berobat di RSGM FKG Unpad. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dan mengukur derajat pengaruh persepsi pasien mengenai kualitas pelayanan dokter gigi dan citra RSGM terhadap keputusan pasien dalam memilih dokter gigi secara parsial maupun simultan.
Penelitian ini dilakukan secara deskriptif dan verifikatif dengan penyebaran kuesioner penelitian (n=100) kepada pasien poli gigi spesialis dan poli
gigi umum dan IGD dengan metode penentuan sampel yaitu stratified random sampling. Penelitian ini diuji menggunakan Analisa Regresi dan Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dokter gigi (X1) dan citra rumah sakit (X2) memiliki pengaruh yang signifikan (Fhitung = 25,186 > Ftabel = 3,09) terhadap keputusan memilih dokter gigi (Y) secara simultan maupun parsial, (t1hitung = 1,987 ; t2hitung X2 = 3,320 > ttabel = 1,984). Derajat pengaruh yang dihasilkan oleh kualitas pelayanan (X1) dan citra (X2) terhadap keputusan memilih (Y) memiliki derajat pengaruh yang positif dan berada dalam kategori sedang secara simultan (r = 0,584) maupun parsial (r X1 = 0,571 ; r X2 = 0,561).
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi pasien mengenai kualitas pelayanan (X1) dan citra (X2) memiliki pengaruh dan derajat pengaruh yang positif terhadap keputusan memilih (Y) secara simultan maupun parsial. Saran yang dapat diberikan adalah kualitas pelayanan, physical support dan contact personel di rumah sakit harus terus dievaluasi dan ditingkatkan sehingga masyarakat memiliki keyakinan yang lebih tinggi dalam melihat keputusan memilih dokter gigi di masa yang akan datang.
One condition which can affect patient’s perception to healthcare service is the past experience of servive quality and hospital image asessment by him/herself as a patient or information from others so the patient has some considerations that affect the decision of choosing dentist at RSGM FKG Unpad. Many dentists are available to be choosed at RSGM FKG Unpad and RSGM FKG Unpad status as an educational hospital can make doubtness to patient so that affect to decsion of choosing dentist in RSGM FKG Unpad. The aim of this study was to measure the influence and degree of influence in partialy and simultanously of patient perception about service quality and hospital image to decision making of choosing dentist.
This study was descriptive and verificative study by publishing some questionnaire (n=100) to patient of spesialistic dentist and general practicioner dentist with stratified random sampling to set the sample of subject. The result of study showed a significant correlation in service quality of dentist (X1) and hospital image (X2) to decision making of choosing dentist (Y) in simultanously (F=25,186 > Ftable=3,09) and partialy (t X1=1,987 ; t X2=3,320 > ttable=1,984). Service quality of dentist (X1) and hospital image (X2) had a positive degree of correlation and placed on average category of correlation to decision making of choosing dentist (Y) simultanously (r X1,2=0,584) and partialy (r X1=0,571 ; r X2=0,561).
The study concluded that the patient’s perception on the service quality of dentist (X1) and hospital image (X2), both partialy and simultanously had showed significant and positive correlations towards decision in choosing a dentist for dental treatment. The advise that can be given is to improve the service quality of dentist and hospital image continously so people have trust in making decision of choosing dentist in RSGM FKG Unpad in the future.
Description
Keywords
Persepsi, Kualitas Pelayanan, Citra