APLIKASI DATA MINING MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MODES PADA DATABASE KONSUMEN SEPDEDA MOTOR HONDA DI JAWA BARAT
No Thumbnail Available
Date
2018-01-16
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
Dalam peneletian ini dilakukan penggalian data dari database konsumen
sepeda motor Honda di Jawa Barat dengan tujuan mendapatkan pengetahuan lebih
dalam sektor pemasaran khusunya segmentasi konsumen sepeda motor Honda . Di
dalam database konsumen sepeda motor Honda tersebut, berisikan profil-pofil
konsumen diantarnya adalah jenis kelamin, umur, pendidikan, pekerjaan,
pengeluaran bulanan, merk motor yang digunakan sebelumnya, kegunaan motor,
pemakai sepeda motor, jenis motor yang dibeli, dan daerah pembeli . Dalam data
mining tugas yang relevan dengan kebutuhan pengelompokan objek data adalah
clustering. Pada pengelompokan konsumen Honda digunakan metode k-modes
sebagai alat analisis untuk data berjenis kategorik yang terdapat pada database. k-modes merupakan metode pengembangan dari k-means, dengan menggunakan
modus sebagai dasar operasinya dan menggunakan Hamming distance sebagai
dasar dalam pengukuran jarak . Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, didapat
10 buah cluster dimana setiap cluster menjelaskan karakteristik-karakteristik
anggotanya sehingga hasil pengelompokan ini dapat digunakan sebagai
pengetahuan lebih dalam pemasaran .
Description
Keywords
Statistika, Data Mining, Tidak ada keyword