Penerapan Model Autoregressive Fractionally Integrated Moving Average (ARFIMA) Pada Data Penjualan Sepeda Motor Honda

Abstract

Autoregressive Fractionally Integrated Moving Average (ARFIMA) merupakan suatu pengembangan dari model ARIMA. Dikatakan model ARFIMA jika nilai d merupakan bilangan pecahan (fractional) dan bukan berupa nilai bilangan bulat (integer), yang disebabkan oleh adanya memori jangka panjang (long memory). Autokorelasi turun lambat secara hiperbolik dan lag yang semakin besar yang menunjukan masih adanya hubungan atau ketergantungan antara pengamatan yang jauh terpisah. Penelitian ini yaitu tentang peramalan menggunakan analisis ARFIMA untuk mengetahui nilai dari suatu peramalan sepeda motor Honda di Jawa Barat pada periode berikutnya. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data yang diperoleh dari PT. Daya Adicipta Motora dengan variabel penjualan (sales). Untuk identifikasi long memory dapat dilihat dari ACF dan PACF, estimasi parameter menggunakan metode Exact Maximum Likelihood (EML). Untuk menganilis data diatas menggunakan bantuan software R (OSS R).

Description

Keywords

ARFIMA, Long Memory, OSS R

Citation

Collections