APLIKASI DATA MINING DENGAN METODE MULTICLASS SUPPORT VECTOR MACHINE PADA DATABASE KONSUMEN SEPEDA MOTOR HONDA DI JAWA BARAT (Studi Kasus di PT. Daya Adicipta Motora)
No Thumbnail Available
Date
2017-02-27
Authors
Journal Title
Journal ISSN
Volume Title
Publisher
Abstract
PT Daya Adicipta Motora merupakan distributor utama sepeda motor Honda di Jawa Barat. Sejak tahun 2009, PT. Daya Adicipta Motora mempunyai database konsumen dinamakan consumer database. Divisi Consumer Knowledge Management ingin mengeksplorasi pengetahuan yang terdapat pada database tersebut. Eksplorasi difokuskan kepada klasifikasi konsumen berdasarkan jenis sepeda motor, yaitu jenis matik, sport, dan bebek. Klasifikasi didasarkan pada beberapa atribut yang dianggap menggambarkan profil konsumen, yaitu kategori usia, jenis kelamin, pendidikan, pekerjaan, penghasilan, pengguna sepeda motor, tujuan penggunaan, merk sepeda motor sebelumnya, dan jenis sepeda motor sebelumnya. Untuk mengekstrak informasi yang berasal dari database tersebut dibutuhkan proses data mining. Terdapat lebih dari 2 target kategori dan variabel yang bersifat kategorikal sehingga digunakan data mining metode multiclass support vector machine dengan pendekatan one againts one. Dengan menggunakan konfigurasi kernel RBF γ=0,7 dan C = 25 diperoleh akurasi terbaik sebesar 87,79%.
Description
Keywords
Support Vector Machine, Data Mining, Klasifikasi