Pengaruh Dimensi Komunikasi Interpersonal Terhadap Kepuasan Pelanggan di Kedai Kopi Armor

Abstract

ABSTRAK RAIHAN PRSETYO. 2016. Pengaruh Dimensi Komunikasi Interpersonal terhadap Kepuasa Pelanggan (Kasus di Kedai Kopi Armor, Taman Hutan Raya Djuanda, Bandung). Di bawah bimbingan RANI ADRIANI BUDI KUSUMO SP.,M.Si. Pegawai sebagai ujung tombak sebuah perusahaan hendaknya mampu memahami mengenai komunikasi yang tepat terhadap pelanggan. Cara berkomunikasi pegawai kepada pelanggan menentukan kepuasan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas komunikasi interpersonal antara barista dengan pelanggan terhadap tingkat kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Kedai Kopi Armor yang terletak di Taman Hutan Raya Djuanda,Dago Pakar, Bandung. Dalam menentukan ukuran sampel digunakan teknik probability sampling dengan rumus slovin sebanyak 94 orang. Data dikumpulkan melalui hasil kuesioner yang telah di uji validitas dan reabilitasnya. Selanjutnya data dianalisis dengan analisis regresi linear berganda dengan program SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa kedai kopi armor menerapkan edukasi langsung dari barista ke konsumen sehingga terjalin komunikasi interpersonal yang membentuk kepuasan pelanggan. Dari dari hasil pengujian secara parsial di dapat variabel keterbukaan, sikap positif, dan sikap mendukung yang berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan sedangkan variabel empati dan kesetaraan tidak berengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kemudian hasil pengujian hipotesis secara stimultan terdapat pengaruh signifikan antara komunikasi interpersonal dengan kepuasan pelangggan,dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,79. Kata Kunci : Kedai Kopi Armor, Kepuasan Pelanggan, komunikasi interpersonal, kopi, kualitas pelayanan. ABSTRACT RAIHAN PRSETYO. 2016. Effect Dimensions of Interpersonal Communication to the gratification of the Customer (Case Café Armor, Taman Hutan Raya Juanda, Bandung). Under the guidance of RANI ADRIANI BUDI KUSUMO SP.,M.Si. Employees as the spearhead of a company should be able to understand the precise communication to the customer. How to communicate with employees to determine customer satisfaction. The purpose of this study to determine and analyze the influence of the quality of interpersonal communication between the barista with the customer the level of customer satisfaction. This research was conducted at Café Armor is located in Taman Hutan Raya Juanda, Dago Pakar, Bandung. In determining the sample size used probability sampling technique with as many as 94 people slovin formula. Data were collected through questionnaire which validity and reliability. Furthermore, the data were analyzed with multiple linear regression analysis using SPSS. The results showed that the coffee shop armor apply directly from barista to educate consumers so intertwined that make up the interpersonal communication of customer satisfaction. From the partial test results can be variable in openness, positive attitude, and the attitude of support that significantly influence customer satisfaction while variable empathy and equality are not influence significantly to customer satisfaction. Then the results of hypothesis testing, simultaneously, there is significant influence between interpersonal communication with customers` satisfaction, with a correlation coefficient of 0.79. Keywords: Café Armor, Customer Satisfaction, interpersonal communication, the coffee, the quality of service. 

Description

Keywords

Komunikasi insterpersonal, kepuasan pelanggan, Tidak ada keyword

Citation

Collections