Hubungan Antara Bauran Pemasaran Dengan Kepuasan Pelanggan di Kedai Kopi Armor

Abstract

FRANKY EMMANUEL. 2017. Hubungan Bauran Pemasaran Antara Kepuasan Pelanggan di Kedai Kopi Armor. Dibawah bimbingan M. ARIEF BUDIMAN Pelaku usaha kedai kopi di Indonesia menjadi bermunculan karena adanya budaya barat yang mempengaruhi orang Indonesia untuk menikmati kopi. Dengan begitu dapat dilihat dari data penjualan Kedai Kopi Armor yang fluktuatif. Penelitian saya memiliki tujuan untuk melihat hubungan bauran pemasaran dengan kepuasan pelanggan di Kedai Kopi Armor tersebut. Metode analisis data yang saya gunakan adalah Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index yang dapat menilai tingkat kepuasan pelanggan. Atribut yang saya gunakan adalah Product, Price, Place, Promotion dari Bauran Pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang sudah di terapkan menunjukan bahwa rata – rata konsumen yang datang adalah laki – laki berusia sekitar 21 – 30 tahun. Mereka memilih Kedai Kopi Armor karena mereka suka dengan kopi yang disajikan dan juga suasana di Kedai Kopi Armor. Atribut yang disukai konsumen adalah produk dan tempat yang sudah disajikan oleh Kedai Kopi Armor. Konsumen tidak terlalu memikirkan masalah promosi dan harga yang diberikan oleh Kedai Kopi Armor. Kedai Kopi Armor sudah memberikan apa yang konsumen inginkan untuk bisa menikmati kenyamanan. Variabel promosi media cetak ada di kuadrsaan I yang berarti promosi media cetak dianggap penting oleh pelanggan tetapi kinerja dari Kedai Kopi Armor masih dikatakan rendah .Tingkat keragaman menu, variasi biji kopi, metode pembuatan kopi, kualitas kopi, strategi lokasi, kenyamanan tempat, kebersihan tempat, dan fasilitas berada di kuadran II yang berarti konsumen menyukai kinerja dari Kedai Kopi Armor dan Kedai Kopi Armor memang sudah maksimal dalam kinerja yang diberikan. Sedangkan harga, cara pembayaran, promosi media sosial, promosi melalui kerabat ada di kuadran III yang berarti dianggap kurang penting dari pelanggan tersebut dan memang dari sisi Kedai Kopi Armor pun tidak terlalu berpengaruh dalam melayani pelanggan.

Description

Keywords

Kedai Kopi, Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan

Citation

Collections