MODEL BISNIS PERUSAHAAN JAMUR SKALA BESAR (Studi Kasus PT. X)

Abstract

FEBY CLAUDYA NAVELDA.2018. PT. X merupakan perusahaan agribisnis memiliki basis bisnis berupa produksi dan penjualan jamur maitake, bunashimeji, eringgi, makanan sehat, dan makanan olahan. Perusahaan ini merupakan perusahaan terbesar kedua di Negara Y yang telah berdiri selama lebih dari 35 tahun. Mampu membangun karir bisnis membuat PT. X dapat dijadikan inspirasi bagi pelaku bisnis. Fokus penelitian ini ialah menggambarkan model bisnis PT. X. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik studi kasus. Peneliti menggunakan alat analisis Business Model Canvas. Informan dalam penelitian terdiri dari kepala kantor, HRD, manajer produksi, distribusi serta beberapa perwakilan karyawan. Dari hasi penelitian, customer segments perusahaan ialah pasar tersegmentasi. Value propositions yang diberikan ialah produk aman dan terpercaya, dapat ditelusuri (tracebility), memiliki diferensiasi produk yang beragam. Channels perusahaan berupa direct dan indirect selling. Customer relationships yang dilakukan perusahaan berupa personal assitance melalui call center, email, dan kunjungan pabrik. Untuk revenue streams didapat dari penjualan produk. Key resources terdiri dari kantor, pabrik, mesin, karyawan, sumber finansial berupa modal milik pribadi, dan sumber intelektual yaitu sertifikat ISO 22000, brand. Key activities berupa budidaya, pengemasan, dan distribusi, dan pemasaran. Adapun key partnership terbagi dua yaitu suppliers dan buyers. Terakhir, untuk cost structure terdiri dari biaya produksi, pemasaran, dan administrasi umum.

Description

Keywords

Agroindustri, Model Bisnis, Jamur

Citation

Collections