FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BERAS PADA KONSUMEN RUMAH TANGGA (Suatu Kasus Desa Sumberjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi)

Abstract

Konsumsi beras di Indonesia setiap tahun semakin meningkat salah satu wilayah dengan tingginya tingkat konsumsi beras adalah Kabupaten Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik konsumsi beras, faktor yang mempengaruhi pengambilan keputusan dalam pembelian beras dan mengetahui faktor yang mempengaruhi konsumsi beras rumah tangga di Desa Sumberjaya Kecamatan Tambun Selatan. Penentuan lokasi penelitian dilakukan secara sengaja (purposive). Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan variabel penelitian terdiri dari variabel karakteristik rumah tangga, variabel faktor eksternal, variabel faktor internal, dan variabel pengambilan keputusan. Penentuan sampel penelitian menggunakan metode purposive sampling, dengan menggunakan rumus slovin didapatkan jumlah sampel sebesar 95 sampel dari 2.003 jumlah rumah tangga sebagai populasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa karakteristik rumah tangga konsumen beras di Desa Sumberjaya dilihat dari sisi usia adalah 27-33 tahun dan memiliki pendidikan diploma. Pendapatan konsumen beras adalah Rp 1.900.000 – Rp 2.200.000 dengan jumlah tanggungan adalah 3-4 Orang. Jumlah konsumsi beras per bulan sebesar 15-30 Kg dengan biaya yang dikeluarkan sebesar Rp 150.001 – Rp 190.000. Faktor pengambilan keputusan dalam pembelian beras pada konsumen rumah tangga di Desa Sumberjaya dipengaruhi oleh produk, harga, tempat, pribadi, dan motivasi. Faktor yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian adalah faktor produk (0.214) dan faktor tempat (0.201). Faktor yang mempengaruhi konsumsi beras pada konsumen rumah tangga antara lain individu, ekonomi, sosial dan budaya. Faktor yang paling mendominasi keputusan pembelian di Desa Sumberjaya adalah faktor ekonomi dan faktor budaya. Masing-masing pengaruh nilai faktor ekonomi sebesar 0.237 dan faktor budaya sebesar 0.350. Kata Kunci : Konsumsi Beras, Keputusan Pembelian, Faktor Internal, Faktor Eksternal.

Description

Keywords

Konsumen beras rumah tangga, Tidak ada keyword, Tidak ada keyword

Citation

Collections