KAJIAN MODEL INOVASI AGRIBISNIS KOMODITAS KOPI (STUDI KASUS DI `KOPI SEBAGAI`)

Abstract

ABSTRAK NABILLA NUR’AZIZAH MANIKA PUTRI. 2020. Kajian Model Inovasi Agribisnis Komoditas Kopi (Studi Kasus di ‘Kopi Sebagai’). Dibimbing oleh Gema Wibawa Mukti, SP, MP. Tingkat konsumsi kopi di Indonesia menurut Organisasi Kopi Internasional (ICO) pada tahun 2016/207 mencapai 4,6 juta kemasan dan Indonesa berada di urutan ke-6 negara dengan konsumsi kopi terbesar di dunia. Varian kopi yang sudah terkenal sampai tahun 2019 sangat beragam, dapat berasal dari berbagai macam daerah seperti Jawa Kopi, Gayo Mountain coffee, Mandheiling coffee (Karo, 2010). Ekspor kopi adalah salah satu dari 10 fokus utama komoditas yang di ekspor (Kementerian Perdagangan, 2017) dengan penjualan mencapai 1.243 US$ pada tahun 2012. Peningkatan konsumsi kopi di Indonesia juga didukung dengan globalisasi yang menimbulkan banyak dibangun Kedai Kopi di Indonesia khususnya Kota Bandung. Banyaknya kedai Kopi di Kota Bandung menimbulkan adanya persaingan antar kedai kopi yang menuntut setiap pengusaha Kedai Kopi untuk melakukan inovasi pada bisnisnya. Dalam penelitian ini dilakukan kajian mengenai model inovasi bisnis yang dilakukan oleh PT. Agro Investama dalam mengembangkan ‘Kopi Sebagai’ dengan menggunakan Analisis Bisnis Model Kanvas dan menggunakan metode kualitatif. Sebelum melakukan analisis Bisnis Model Kanvas dilakukan analisis Lingkungan Model Bisnis untuk melihat keadaan pasar, industri, tren kunci, dan ekonomi makro. PT. Agro Investama menerapkan Bisnis Model Kanvas berdasarkan Proporsi Nilai dengan tujuan menyampaikan nilai ‘sempurna’ bagi setiap pelanggan yang dengan fasilitas, pelayanan, dan kualitas terbaik ‘Kopi Sebagai’.

Description

Keywords

bisnis model kanvas, lingkungan model bisnis, inovasi agribisnis

Citation

Collections