MANAJEMEN STRATEGI KOPERASI GIRI SENANG

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menunjukan keragaan usaha Koperasi Giri Senang di Desa Girimekar, Kecamatan Cilengkrang, Kabupaten Bandung melalui identifikasi lingkungan internal (Kekuatan dan Kelemahan) dan lingkungan eksternal (Peluang dan Ancaman). Identifikasi tersebut memiliki kegunaan bagi Koperasi Giri Senang sebagai pelaku usaha yang beroperasi dalam bidang produk dan jasa, pemasaran, serta usaha simpan pinjam untuk mengetahui faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi usahanya lalu strategi alternatif apa yang tepat diterapkan Koperasi Giri Senang dalam mengatasi tantangan yang dihadapi. Metode penelitian yang dilakukan yaitu metode kualitatif dengan alat analisis meliputi matriks internal-eksternal, analisis swot, dan matriks grand strategi. Analisis lingkungan Internal meliputi aspek Manajemen, Produksi dan Operasi, Keuangan, serta Pemasaran. Analisis Lingkungan Eksternal meliputi aspek Sosial dan Budaya, Kebijakan Pemerintah, dan Teknologi. Berdasarkan analisis Matriks Internal-Eksternal, faktor internal Koperasi Giri Senang memiliki skor bobot sebesar 2,76 sedangkan faktor eksternalnya yaitu 3,38. Didasari atas hal tersebut, Koperasi Giri Senang dalam analisis Matriks Grand Strategi menempati posisi di kuadran I yang berarti level kompetitifnya menengah di dalam pertumbuhan pangsa pasar yang cepat. Dengan demikian strategi alternatif yang bisa diterapkan yaitu pengembangan pasar, diversifikasi terkait, pengembangan produk, integrasi ke depan dan intergrasi horizontal

Description

Keywords

Koperasi Giri Senang, Promosi, Pemasaran

Citation

Collections