Keputusan Konsumen pada Komunitas Organik dalam Melakukan Pembelian Beras Organik di Kota Bandung (Studi Kasus di Komunitas 1000 Kebun)

Abstract

Komunitas 1000 Kebun adalah komunitas organik yang berpusat di Kota Bandung. Anggota pada komunitas ini memiliki tujuan untuk hidup sehat dan peduli terhadap lingkungan. Identitas yang terbangun pada komunitas organik adalah aksi peduli lingkungan dan Kesehatan. Akan tetapi identitas komunitas mungkin saja tidak selalu menjadi hal yang utama karena banyak pertimbangan yang dilakukan konsumen ketika melewati proses keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi siapa saja anggota komunitas yang mengonsumsi beras organik serta mendeskripsikan proses keputusan konsumen pada komunitas organik dalam melakukan pembelian beras organik di Kota Bandung. Metode pada penelitian ini menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen beras organik didominasi oleh perempuan dengan kategori remaja muda, berpendidikan magister, berprofesi sebagai mahasiswa, jumlah anggota keluarga sebanyak 1 orang, dan termasuk dalam pendapatan kelas atas. Proses keputusan pembelian dilakukan melalui lima tahap yaitu (1) pengenalan kebutuhan yang didasari oleh motivasi untuk aktualisasi diri dan rasa aman, (2) pencarian informasi dilakukan oleh partisipan secara aktif. (3) Evaluasi alternatif, yaitu mempertimbangkan pembelian berdasarkan harga dan sertifikasi organik. (4) Keputusan pembelian partisipan cenderung dipengaruhi oleh orang sekitar dan dilakukan pembelian melalui supermarket atau petani organik lokal. (5) Evaluasi pasca pembelian didominasi rasa puas dan didorong atas dasar kesehatan dan tanggung jawab mendukung petani organik lokal

Description

Keywords

Beras Organik, Komunitas Organik, Proses Keputusan Pembelian

Citation

Collections